Penerapan metode pembelajaran sosiodrama dalam meningkatkan hasil dan minat siswa pada mata pelajaran ips kelas VII di smp negeri 9 jember tahun ajaran 2022/2023

Fasika, ADELIA (2023) Penerapan metode pembelajaran sosiodrama dalam meningkatkan hasil dan minat siswa pada mata pelajaran ips kelas VII di smp negeri 9 jember tahun ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
FASIKA ADELIA NINGRUM_T20199033.pdf

Download (3MB)

Abstract

Berdasarkan permasalahan yang terjadi di kelas VII B SMP Negeri 9
Jember, hal yang menjadi hambatan dalam pembelajaran IPS yaitu Minat Belajar
Siswa masih dapat dikatakan belum cukup baik. Hal ini disebabkan antusias
siswa dalam belajar rendah, ketika siswa memasuki ruangan kelas dan dimulai
dengan belajar IPS siswa kurang bersemangat untuk mengikuti pembelajaran
IPS, sehingga siswa cenderung tidak aktif dan tidak merasa menjadi bagian dari
kelas. Selain itu dalam pelaksanaan pembelajarannya belum mengunakan metode
yang menarik dan bervariasi sehingga menyebabkan keaktifan belajar siswa
menjadi rendah. Rendahnya keaktifan siswa dalam proses pembelajaran
menyebabkan minat belajar yang rendah bagi siswa.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan Minat Belajar
Siswa pada Mata Pelajaran IPS dengan Metode Sosiodrama Kelas VII B SMP
Negeri 9 Jember, hal yang menjadi hambatan dalam pembelajaran IPS Tahun
Pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian
Tindakan Kelas. Dalam PTK ini terdapat 2 siklus yang mana pada setiap
siklusnya terdiri dari 2 kali pertemuan, dan setiap pertemuan. Subjek penelitian
ini siswa kelas VII B dengan jumlah 34 siswa. Teknik pengumpulan data dalam
penelitian ini berupa, lembar observasi, lembar angket dan dokumentasi. Teknik
analisis data yang digunakan dalam penelitian berupa, data kuantitatif dan
kualitatif.
Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa minat belajar siswa telah
mengalami peningkatan dari 80,55% pada siklus I dan siklus II 84,31% sehingga
terjadi peningkatan 3,76% maka dikategorikan sangat kuat. Dengan demikian
dapat disimpulkan bahwa dengan metode sosiodrama dapat Meningkatkan Minat
Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas VII B SMP Negeri 9
Jember, hal yang menjadi hambatan dalam pembelajaran IPS Tahun Pelajaran
2022/2023.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Fasika Adelia Ningrum
Date Deposited: 10 Jul 2023 08:37
Last Modified: 10 Jul 2023 08:37
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26061

Actions (login required)

View Item View Item