PENGEMBANGAN MEDIA AJAR BERBENTUK LEAFLET PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA KELAS VIII MTS AL-FIRDAUS PANTI-JEMBER

Saputri, Dharmawati (2023) PENGEMBANGAN MEDIA AJAR BERBENTUK LEAFLET PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA KELAS VIII MTS AL-FIRDAUS PANTI-JEMBER. Undergraduate thesis, Universitas Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
DHARMAWATI SAPUTRI T201610019.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sulitinya materi sistem pencernaan manusia yang dipahami oleh anak didik dikarenakan materi tersebut bersifat abstrak. Sementara itu bahan ajar yang dipergunakan belum memvisualisasikan materi secara gamblang. Hasil observasi pada pelajaran IPA di kelas pendidik dan anak didik hanya menggunakan LKS seadanya, yang membuat anak didik kurang adanya ketertarikan dalam proses belajar.
Tujuan dijalankan penelitian ini meliputi 1) Mengetahui validitas media leaflet pada pokok bahasan sistem pencernaan manusia untuk anak didik kelas VIII MTs Al-Firdaus, 2) Mengetahui respon anak didik akan media leaflet pada pokok bahasan sistem pencernaan manusia untuk anak didik kelas VIII MTs Al-Firdaus.
Jenis penelitian yang dipergunakan adalah Research dan Development. Penelitian pengembangan ini menggunakan model penelitian 4D karya Thiagarajan, terdapat empat fase pada penelitian ini meliputi, define (pendefinisian), design (perancangan), development (Pengembangan), dan dissemination (penyebarluasan).
Hasil dari penelitian dan pengembangan ini meliputi 1) Hasil tim ahli diperoleh hasil sebesar 83,63% dari ahli materi dapat dikategorikan valid, 90,67% dari ahli media dapat dikategorikan sangat valid, dan 92,38% dari guru IPA dapat dikategorikan sangat valid, dan 2) Hasil uji coba respon anak didik kelompok kecil didapatkan hasil sebesar 93,07% yang melipatkan 5 anak didik dan uji coba respon anak didik kelompok besar didapatkan hasil sebesar 92,47% yang melibatkan 17 anak didik, hasil tersebut dapat dikategorikan sangat menarik. Maka dari itu, dapat di tarik kesimpulan bahwa media pengajaran IPA berbentuk leaflet pada pokok bahasan sistem pencernaan manusia dikategorikan sangat baik. Akibatnya, media leaflet layak dipergunakan sebagai media pengajaran IPA Biologi untuk anak didik kelas VIII MTs Al-Firdaus Jember.

Kata kunci: media leaflet, pengembangan, sistem pencernaan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Dharmawati Saputri
Date Deposited: 11 Jul 2023 04:03
Last Modified: 11 Jul 2023 04:03
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26064

Actions (login required)

View Item View Item