PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SUB ELEMEN PELUANG PADA KURIKULUM MERDEKA KELAS X DI SMA NEGERI JENGGAWAH

Ummah, Sitti Nailatul (2023) PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SUB ELEMEN PELUANG PADA KURIKULUM MERDEKA KELAS X DI SMA NEGERI JENGGAWAH. Undergraduate thesis, UIN KHAS jember.

[img] Text
Sitti Nailatul Ummah T20197078.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan matematika siswa yang berbeda-beda. Siswa cenderung mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal yang diberikan oleh guru mata pelajaran matematika. Kesulitan tersebut disebabkan oleh kurangnya kemampuan pemahaman konsep siswa dalam memahami materi, yang mengakibatkan kesalahan dalam proses pengerjaan soal. Penelitian ini mempunyai rumusan masalah yaitu bagaimana pemahaman konsep matematis siswa sub elemen peluang pada kurikulum merdeka tingkatan tinggi, sedang, rendah kelas X di SMA Negeri Jenggawah. Tujuan penelitian ini adalah untuk medeskripsikan pemahaman konsep matematis siswa sub elemen peluang pada kurikulum merdeka tingkatan tinggi, sedang, rendah kelas X di SMA Negeri Jenggawah.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian ini terletak di SMA Negeri Jenggawah. Subjek pada penelitian ini tiga siswa dengan kemampuan matematika yang berbeda yaitu tinggi, sedang, rendah. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman konsep matematis siswa dengan tingkatan tinggi memenuhi semua indikator yaitu menyatakan ulang konsep secara verbal, mengklarifikasikan objek berdasarkan dipenuhi atau tidaknya persyaratan untuk membentuk konsep tersebut, menerapkan konsep secara algoritma dan menyajikan konsep dalam berbagai masam bentuk representasi matematika, mengaitkan berbagai konsep (internal dan eksternal). Pemahaman konsep matematis siswa dengan tingkatan sedang memenuhi tiga indikator yaitu menyatakan ulang konsep secara verbal, menerapkan konsep secara algoritma dan menyajikan konsep dalam berbagai masam bentuk representasi matematika, mengaitkan berbagai konsep (internal dan eksternal), subjek dengan kategori tersebut tidak memenuhi indikator mengklasifikasikan objek-objek berdasarkan dipenuhi atau tidaknya persyaratan untuk membentuk konsep. pemahaman konsep matematis siswa dengan tingkatan rendah belum mencapai ketiga indikator yang telah ditetapkan, subjek dengan kategori ini hanya memenuhi indikator menyatakan ulang konsep secara verbal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified
Depositing User: Ms Sitti Nailatul Ummah
Date Deposited: 10 Jul 2023 08:36
Last Modified: 10 Jul 2023 08:36
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26067

Actions (login required)

View Item View Item