PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS VIDEOSCRIBE UNTUK SISWA DI SMP PLUS AL-MASHDUQIAH PATOKAN KRAKSAAN PROBOLINGGO

Syakur, Abdus (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS VIDEOSCRIBE UNTUK SISWA DI SMP PLUS AL-MASHDUQIAH PATOKAN KRAKSAAN PROBOLINGGO. Undergraduate thesis, UIN Khas kiai Ahmad Siddiq jember.

[img] Text
SKRIPSI FULL ABDUS .watermark.pdf

Download (3MB)

Abstract

Abdus Syakur ,2022: Pengembangan Media Pembelajaran IPA berbasis
Vidioscrab untuk SMP Plus Al-Mashduqiah Patokan Kraksaan Probolinggo
Kata Kunci: Media Pembelajaran Berbasis Vidioscarab
Berdasarkan analisis kebutuhan yang telah dilakukan bahwa pembelajaran
IPA materi Besaran pokok dan besaran turunan sulit dipahami dan tergolong
rendah peminantnya pada materi yang terdapat hitungan dan rumus rendah
peminatnya pada materi yang terdapat hitungan dan rumus yang banyak. Selain
itu dibutuhkan metode penyampaian yang asyik dalam proses pembelajaran yang
mampu membuat siswa lebih mudah dalam memahami materi saat proses
pembelajaran. Pada proses pembelajaran juga belum pernah menggunakan media
berbasis Videoscrab sehingga perlu dicoba dan diterapkan pada sekolah tersebut.
Dengan adanya permasalahan tersebut maka didapatkan tujuan penelitian
sebagai berikut: (1) Untuk mengetahui hasil validitas dari pengembangan media
pembelajaran berbasis Videoscrab pada Pada Materi Besaran pokok dan besaran
turunan kelas VIII SMP/MTs. (2) Untuk mengetahui respon peserta didik
mengenai media pembelajaran video edukasi pada pelajaran IPA siswa SMP Plus
Al-Mashduqiah Patokan Kraksaa Probolinggo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan pengembangan R&D (Research &
Development) dengan model pengembangan ADDIE yang memiliki empat
tahapan yaitu (Analysis, desain, development, implementation dan evaluation).
Subjek penliaian produk untuk validasi media pembelajaran yaitu ahli materi dan
ahli media yang terdiri dari dosen dan guru IPA. Uji respons siswa dalam
penelitian ini yaitu 6 siswa dalam uji respons skala kecil dan 20 siswa dalam uji
respons skala besar,
Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis
vidioscrab mendapatkan persentase dengan uji coba Ahli materi 83,30%, ahli
media 89,20%, validasi praktisi 93,30%, dan respons siswa sebesar 72% dan
75,5%. Berdasarakan hasil tersebut maka media pembelajaran berbasis Vidioscrab
valid, dan dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis Vidioscrab
pada materi Besaran pokok dan besaran turunan kelas VIII SMP/MT yang telah
dikembangkan menarik dan valid

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
Depositing User: Mr Abdus Syakur
Date Deposited: 10 Jul 2023 08:47
Last Modified: 10 Jul 2023 08:47
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26073

Actions (login required)

View Item View Item