Kemampuan Berpikir Logis Matematis Siswa Melalui Pembelajaran PBL Dengan Pendekatan STEM Pada Materi Statistika Kelas VIII A Di SMPN 3 Ledokombo Jember

Farihah, Lailatul (2023) Kemampuan Berpikir Logis Matematis Siswa Melalui Pembelajaran PBL Dengan Pendekatan STEM Pada Materi Statistika Kelas VIII A Di SMPN 3 Ledokombo Jember. Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.

[img] Text
LAILATUL FARIHAH_T20197149.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Lailatul Farihah, 2023: Kemampuan Berpikir Logis Matematis Siswa melalui Pembelajaran PBL dengan Pendekatan STEM pada Materi Statistika Kelas VIII A di SMPN 3 Ledokombo Jember.
Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Logis Matematis, PBL, STEM, Statistika.
Setiap siswa memiliki kemampuan berpikir yang berbeda-beda, seorang siswa dapat dikatakan memiliki kemampuan berpikir logis matematis apabila siswa dapat terampil secara individu dalam membuat makna tentang jawaban argumen yang masuk akal, dapat membuat hubungan logis di antara konsep dan fakta yang berbeda, menduga dan menguji berdasarkan akal, menyelesaikan masalah matematis secara rasional dan menarik kesimpulan yang logis.
Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana kemampuan berpikir logis matematis siswa berkemampuan matematika rendah yang telah diberi pembelajaran PBL menggunakan pendekatan STEM pada materi statistika. 2) Bagaimana kemampuan berpikir logis matematis siswa berkemampuan matematika sedang yang telah diberi pembelajaran PBL menggunakan pendekatan STEM pada materi statistika. 3) Bagaimana kemampuan berpikir logis matematis siswa berkemampuan matematika tinggi yang telah diberi pembelajaran PBL menggunakan pendekatan STEM pada materi statistika.
Tujuan Penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan kemampuan berpikir logis matematis siswa berkemampuan matematika rendah yang telah diberi pembelajaran PBL menggunakan pendekatan STEM pada materi Statistika. 2) Mendeskripsikan kemampuan berpikir logis matematis siswa berkemampuan matematika sedang yang telah diberi pembelajaran PBL menggunakan pendekatan STEM pada materi Statistika. 3) Mendeskripsikan kemampuan berpikir logis matematis siswa berkemampuan matematika tinggi yang telah diberi pembelajaran PBL menggunakan pendekatan STEM pada materi Statistika.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif yang dilakukan di SMPN 3 Ledokombo kelas VIII A yang berjumlah 21 siswa. Penentuan subyek diambil dari 6 siswa dengan kriteria 2 siswa berkemampuan matematika rendah, 2 siswa berkemampuan matematika sedang dan 2 siswa berkemampuan matematika tinggi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kemampuan berpikir logis matematis, wawancara dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan teori dari Miles dan Huberman, keabsahan data menggunakan triangulasi teknik.
Hasil analisis data pada siswa yang memiliki kemampuan matematika rendah adalah 1) siswa R1 dan R2 dapat memenuhi 1 indikator kemampuan berpikir logis matematis yaitu keruntutan berpikir. 2) Pada siswa S1 dan S2 dengan kemampuan matematika sedang dapat memenuhi 2 dari 3 indikator kemampuan berpikir logis matematis yaitu keruntutan berpikir dan kemampuan berargumen. 3) Pada siswa dengan kemampuan matematika tinggi yakni T1 dan T2 dapat memenuhi semua indikator kemampuan berpikir logis matematis yaitu keruntutan berpikir, kemampuan berargumen dan penarikan kesimpulan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified
Depositing User: Lailatul LF Afroh
Date Deposited: 11 Jul 2023 02:09
Last Modified: 11 Jul 2023 02:09
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26076

Actions (login required)

View Item View Item