Peningkatan Kemampuan Bahasa Ekspresif Melalui Metode Bermain Peran Makro Pada Anak Kelompok B di RA Raudlatul Ulum Panti Jember Tahun Ajaran 2022/2023

Hariroh, Ulfatul (2023) Peningkatan Kemampuan Bahasa Ekspresif Melalui Metode Bermain Peran Makro Pada Anak Kelompok B di RA Raudlatul Ulum Panti Jember Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI Ulfatul Hariroh FINAL.pdf

Download (1MB)

Abstract

Peningkatan kemampuan bahasa ekspresif adalah usaha meningkatkan kemampuan anak untuk berkomunikasi secara lisan sesuai dengan situasi yang dimasukinya. Peningkatan kemampuan bahasa ekspresif anak pada dasarnya merupakan program kemampuan berpikir logis, sistematis, dan analitis dengan menggunakan bahasa sebagai alat untuk mengungkapkan gagasannya. Bermain peran makro adalah anak bermain menjadi tokoh menggunakan alat berukuran seperti ukuran sesungguhnya yang digunakan untuk menciptakan dan memainkan peran. Kemampuan bahasa ekspresif yang dapat dibangun melalui bermain peran makro adalah mengungkapkan kata-kata yang lebih baik, kaya akan kosa kata, dan tahapan bahasa lebih tinggi.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: Bagaimana perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi peningkatan kemampuan bahasa ekspresif melalui metode bermain peran makro pada anak kelompok B di RA Raudlatul Ulum Panti Jember Tahun Ajaran 2022/2023. Tujuan penelitian ini adalah: Mendeskripsikan dan menganalisis perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi peningkatan kemampuan bahasa ekspresif melalui metode bermain peran makro pada anak kelompok B di RA Raudlatul Ulum Panti Jember Tahun Ajaran 2022/2023.
Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi, yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan 1) Perencanaan peningkatan kemampuan bahasa ekspresif melalui bermain peran makro yaitu, (a) menentukan tema pembelajaran berdasarkan Program tahunan (Prota) dan Progam Semester (Prosem), (b) menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH), (c) menyiapkan alat permainan sesuai tema bermain peran makro, (d) menyiapkan teks dialog singkat sesuai tema bermain peran makro, (e) menyusun skenario pembagian peran dan kelompok, (f) menentukan indikator evaluasi pembelajaran. 2) Pelaksanaan peningkatan kemampuan bahasa ekspresif melalui bermain peran makro, yaitu terdapat tiga langkah (a) kegiatan pembuka yang diawali dengan sambutan pagi, berdoa sebelum belajar, dan pembacaan surat-surat pendek dan hadits, kemudian dilanjutkan (b) kegiatan inti yaitu terlebih dahulu guru dan siswa mendiskusikan tema yang akan dipelajari dengan menanya, mengumpulkan informasi, dan mengomunikasikan hal-hal yang berkaitan dengan tema yang akan dibahas, kemudian guru mengenalkan peran, guru membentuk kelompok dan peran sesuai keinginan siwa, membagi urutan main, dan pelaksanaan bermain peran makro, kemudian (c) kegiatan penutup yaitu recalling, bercakap-cakap tentang kegiatan yang sudah dilakukan, dan mengulang kembali materi yang sudah dipelajari dan diakhiri dengan doa. 3) Evaluasi peningkatan kemampuan bahasa ekspresif melalui bermain peran makro yaitu observasi, unjuk kerja dan catatan anekdot.

Kata kunci: peningkatan kemampuan bahasa ekspresif, metode bermain peran makro

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Ulfatul Hariroh
Date Deposited: 11 Jul 2023 03:07
Last Modified: 11 Jul 2023 03:07
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26080

Actions (login required)

View Item View Item