ANALISIS KESALAHAN SISWA MENYELESAIKAN SOAL CERITA PERBANDINGAN DITINJAU DARI GAYA BELAJAR DI KELAS VII SMPN 1 LECES PROBOLINGGO

Rifki, Muhammad (2023) ANALISIS KESALAHAN SISWA MENYELESAIKAN SOAL CERITA PERBANDINGAN DITINJAU DARI GAYA BELAJAR DI KELAS VII SMPN 1 LECES PROBOLINGGO. Undergraduate thesis, Uin Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI MUHAMMAD RIFKI T20197116.pdf

Download (6MB)

Abstract

Soal cerita matematika merupakan soal yang berhubungan dengan masalah kehidupan keseharian kita dimana untuk memecahkannya memakai matematika sepertia aritmatika, relasi dan bilangan.Siswa sering melakukan kesalahan saat mengerjakan soal
cerita karena kesulitan. Beberapa masalah ini juga dipengaruhi oleh seberapa baik siswa memahami suatu materi. Salah satu karakteristik siswa ialah gaya belajar. Gaya belajar adalah metode yang disukai individu untuk memperoleh lalu merangkai serta
memproses informasi.Berdasarkan uraian di atas maka fokus dari penelitian yaitu 1) Bagaimana kesalahan siswa dengan gaya belajar visual dalam menyelesaikan soal cerita perbandingan.2) Bagaimana kesalahan siswa dengan gaya belajar auditorial dalam menyelesaikan soal cerita perbandingan 3) Bagaimana kesalahan siswa dengan gaya belajar kinestetik dalam menyelesaikan soal cerita perbandingan . Tujuan dari penelitian yaitu 1) Untuk mendeskripsikan kesalahan siswa dengan gaya belajar visual dalam menyelesaikan soal cerita perbandingan. 2) Untuk mendeskripsikan kesalahan siswa dengan gaya belajar auditorial dalam menyelesaikan soal cerita perbandingan. 3) Untuk mendeskripsikan kesalahan siswa dengan gaya belajar kinestetik dalam menyelesaikan soal cerita perbandingan.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian yang ditentukan yaitu kelas VII A yang berjumlah 34 siswa, dan dipilih 6 siswa dengan menggunakan teknik purposive. Subjek dipilih berdasarkan hasil penilaian tengah semester (PTS) yang rendah dan rekomendasi dari guru mata pelajaran matematika yaitu siswa yang memiliki komunikasi yang baik. Analisis data pada penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian yaitu : 1) Siswa dengan gaya belajar visual cenderung melakukan kesalahan memahami, kesalahan keterampilan proses dan kesalahan menulis jawaban akhir. 2) Siswa dengan gaya belajar auditorial cenderung melakukan kesalahan memahami, kesalahan transformasi, kesalahan keterampilan proses dan kesalahan menulis jawaban akhir. 3) Siswa dengan gaya belajar kinestetik cenderung melakukan indikator kesalahan keterampilan proses.
Kata kunci :Kesalahan Siswa, Menyelesiakan Soal Cerita, Perbandingan dan Gaya
Belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics > 010101 Algebra and Number Theory
01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics > 010102 Algebraic and Differential Geometry
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mr Rifki Muhammad
Date Deposited: 11 Jul 2023 02:24
Last Modified: 11 Jul 2023 02:24
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26090

Actions (login required)

View Item View Item