Implementasi Komunikasi Antarpersonal dalam Pembinaan Akhlak Karimah Santriwati di Pondok Pesantren Al-Ishlah Jenggawah Jember

Wahyuni, Ida (2023) Implementasi Komunikasi Antarpersonal dalam Pembinaan Akhlak Karimah Santriwati di Pondok Pesantren Al-Ishlah Jenggawah Jember. Undergraduate thesis, Uin Kiai Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
Ida Wahyuni_T20171181.pdf

Download (6MB)

Abstract

Ida Wahyuni, 2023: Implementasi Komunikasi Antarpersonal dalam Pembinaan Akhlak Karimah Santriwati di Pondok Pesantren An-Ishlah Jenggawah Jember
Kata Kunci : Komunikasi Antarpersonal, Akhlak Karimah, Pondok Pesantren
Komunikasi Antarpersonal terbilang sangat efektif dalam memberitahu, memberikan pendapat atau mengubah perilaku seseorang, karena komunikasi yang bersifat timbal balik ddan dapat diketahui tanggapan dari komunikan secara langsung. Komunikasi antarpersonal yang terjadi di pondok pesantren Al-Ishlah Jenggawah merupakan peranan komunikasi yang terjadi secara timbal balik atau secara dua arah dengan beberapa pendekatan antara ustadzah dengan santriwati, mu’allimah dengan santriwati dan juga santriwati dengan santriwati lainnya. Peranan komunikasi antarpersonal yang terjadi menghasilkan feedback dan kesamaan makna dalam proses penyampaian pesan dengan menjalin komunikasi yang baik.
Fokus penelitian skripsi ini adalah: 1) Bagaimana implementasi komunikasi antarpersonal dalam pembinaan akhlak karimah santriwati kepada Allah? 2) Bagaimana implementasi komunikasi antarpersonal dalam pembinaan akhlak karimah santriwati kepada sesama? 3) Bagaimana implementasi komunikasi antarpersonal dalam pembinaan akhlak karimah santriwati kepada lingkungan?
Tujuan penelitian skripsi ini yaitu: 1) Mendeskripsikan implementasi komunikasi antarpersonal dalam pembinaan akhlak karimah santriwati kepada Allah, 2) Mendeskripsikan implementasi komunikasi antarpersonal dalam pembinaan akhlak karimah santriwati kepada sesama, 3) Mendeskripsikan implementasi komunikasi antarpersonal dalam pembinaan akhlak karimah santriwati kepada lingkungan.
Pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik, serta analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data dan kesimpulan.
Hasil penelitian skripsi ini adalah: 1) Implementasi komunikasi antarpersonal dalam pembinaan akhlak karimah santriwati kepada Allah melalui: Pengajian sorogan dan pengajian bandongan. 2) Implementasi komunikasi antarpersonal dalam pembinaan akhlak karimah santriwati kepada sesama melaui Komunikasi antarpersonal non pengajian yaitu: a) Konsultasi santriwati, b) Pembinaan santriwati, c) sharing sanrtiwati. 3) Implementasi komunikasi antarpersonal dalam pembinaan akhlak karimah santriwati kepada lingkungan melalui komunikasi antarpersonal dengan penugasan santriwati.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Ida Wahyuni
Date Deposited: 11 Jul 2023 01:55
Last Modified: 11 Jul 2023 01:55
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26099

Actions (login required)

View Item View Item