UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS SISWA KELAS IX DI SMPN 7 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Erika Syndi, Ilmi Maula (2023) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS SISWA KELAS IX DI SMPN 7 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
ERIKA_SYNDI_ILMI_MAULA_FIX_watermak[1].pdf

Download (4MB)

Abstract

Karakter merupakan hal penting yang harus ada pada dalam diri manusia, terutama karakter religius. Karakter religius harus ditanamkan dalam diri siswa agar mereka menjadi insan kamil yang memiliki akhlak serta perilaku yang baik. Dalam membentuk karakter religius siswa dibutuhkan upaya dari guru Pendidikan Agama Islam. SMPN 7 Jember merupakan salah satu sekolah formal yang berada di Kota Jember dengan sekolah yang bukan berlatar belakang agama, namun meski demikian nuansa religius tetap ada. Hal ini dibuktikan dengan pembiasan serta program keagamaan yang sudah membudaya.
Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana karakter religius siswa kelas IX di SMPN 7 Jember tahun pelajaran 2022/2023? 2) Bagaimana upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter religius siswa kelas IX di SMPN 7 Jember tahun pelajaran 2022/2023? 3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter religius siswa kelas IX di SMPN 7 Jember tahun pelajaran 2022/2023?
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan jenis penelitian field research atau penelitian lapangan. Lokasi penelitian yang dipilih adalah di SMPN 7 Jember. Pengumpulan data yang digunakan yaitu metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Penentuan informan menggunakan teknik purposive. Analisis data menggunakan teori analisis dari Miles, Huberman dan Saldana yakni pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Penelitian ini memperoleh hasil: 1) Karakter religius siswa kelas IX di SMPN 7 Jember mengalami peningkatan dalam menjalankan pembiasaan dan program keagamaan yang ada. 2) Upaya yang dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter religius siswa kelas IX melalui pembiasaan dan program keagamaan yakni (a) asmaul husna, (b) tausiyah pagi, (c) sholat dhuhur berjamaah, (d) membaca surat yasin, (e) infaq, (f) tadarus bersama, (g) PHBI serta sikap keteladanan dengan pembiasaan 5S, (h) pelatihan militer. 3) Faktor pendukung meliputi: (a) kurikulum sesuai dengan pemerintah, (b) adanya tradisi dan pembiasaan program keagamaan, (c) adanya fasilitas ibadah, (d) peraturan dan tata tertib sekolah, (e) kerja sama yang baik. Sedangkan faktor penghambat meliputi: (a) pergaulan siswa di luar sekolah, (b) lingkungan keluarga yang tidak mendukung, (c) tidak adanya laboratorium keagamaan dan (d) kurangnya kesadaran siswa itu sendiri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ERIKA SYNDI ILMI MAULA
Date Deposited: 11 Jul 2023 01:07
Last Modified: 11 Jul 2023 01:07
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26109

Actions (login required)

View Item View Item