Implementasi Budaya Islami dalam Membentuk Karakter Religius Siswa di SMA Negeri 2 Tanggul Tahun Pelajaran 2022/2033

Aini, Fadilah (2023) Implementasi Budaya Islami dalam Membentuk Karakter Religius Siswa di SMA Negeri 2 Tanggul Tahun Pelajaran 2022/2033. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI FADILAH AINI_T20181242 NEW.pdf

Download (3MB)

Abstract

Dampak globalisasi bagi peserta didik merupakan sebuah kekhawatiran yang cukup besar bagi orang tua dan pendidik. Untuk menanggulangi dampak globalisasi maka lembaga sekolah perlu menanamkan nilai-nilai religius melalui budaya sekolah yang islami. Dalam hal ini SMA Negeri 2 Tanggul menawarkan sebuah konsep yaitu “Budaya Islami”. SMA Negeri 2 Tanggul adalah sekolah negeri yang tidak berbasis Islam namun tetap menjalankan budaya-budaya Islami.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana strategi penerapan budaya Islami dalam membentuk karakter religius siswa di SMA Negeri 2 Tanggul tahun pelajaran 2022/2023? 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat pada penerapan budaya Islami dalam membentuk karakter religius siswa di SMA Negeri 2 Tanggul tahun pelajaran 2022/2023? Tujuan penelitian adalah: 1) Untuk mendeskripsikan strategi penerapan budaya Islami dalam membentuk karakter religius siswa di SMA Negeri 2 Tanggul tahun pelajaran 2022/2023. 2) Untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat pada penerapan budaya Islami dalam membentuk karakter religius siswadi SMA Negeri 2 Tanggul tahun pelajaran 2022/2023.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman. Keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Strategi penerapan budaya Islami dalam membentuk karakter religius siswa di SMA Negeri 2 Tanggul yaitu dengan menggunakan tiga strategi. Pertama, Power strategy yang diwujudkan melalui komitmen dan kebijakan kepala sekolah. Kedua, Persuasive strategy yang diaktualisasikan melalui pembiasaan-pembiasaan seperti, mengaji sebelum pembelajaran dimulai, pembiasaan budaya sopan santun, pelaksanaan shalat dhuha, shalat zuhur, shalat Jumat, pelaksanaan PHBI, tahfidz dan hadroh. Ketiga, Normative re-edukatif yang diwujudkan melalui keteladanan dan pendekatan. 2) Faktor pendukung dalam implementasi budaya Islami dalam membentuk karakter religius siswa di SMA Negeri 2 Tanggul adalah adanya SDM yang unggul dan sarana prasarana yang memadai. Faktor penghambatnya adalah tidak semua guru memberikan nasehat yang berkaitan dengan permasalahan siswa, masyarakat yang majemuk, bukan merupakan sekolah Islam, dan kurangnya kesadaran dari diri siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fadilah Aini
Date Deposited: 11 Jul 2023 03:46
Last Modified: 11 Jul 2023 03:46
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26111

Actions (login required)

View Item View Item