INTERNALISASI NILAI-NILAI TASAWUF MELALUI SHALAWAT WAHIDIYAH DI SMP WAHIDIYAH SENDURO LUMAJANG

ETISYA, INDAH ROSA (2023) INTERNALISASI NILAI-NILAI TASAWUF MELALUI SHALAWAT WAHIDIYAH DI SMP WAHIDIYAH SENDURO LUMAJANG. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
SKRIPSI ETISYA INDAH ROSA WATERMARK.pdf

Download (2MB)

Abstract

Shalawat Wahidiyah merupakan gerakan tasawuf lokal yang penerapannya di SMP Wahidiyah Senduro Lumajang dapat melahirkan generasi yang memiliki akhlak yang baik sesuai dengan ajaran Al-Qur’an dan Hadits serta memiliki integritas tinggi dalam hal keagamaan yang mampu diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.
Fokus penelitian dalam skripsi ini, yaitu : 1) Bagaimana transformasi nilai-nilai tasawuf melalui Shalawat Wahidiyah di SMP Wahidiyah Senduro Lumajang? 2) Bagaimana transaksi nilai-nilai tasawuf melalui Shalawat Wahidiyah di SMP Wahidiyah Senduro Lumajang? 3) Bagaimana transinternalisasi nilai-nilai tasawuf melalui Shalawat Wahidiyah di SMP Wahidiyah Senduro Lumajang?
Tujuan penelitian ini, yaitu : 1) Mendeskripsikan transformasi nilai-nilai tasawuf melalui Shalawat Wahidiyah di SMP Wahidiyah Senduro Lumajang. 2) Mendeskripsikan transaksi nilai-nilai tasawuf melalui Shalawat Wahidiyah di SMP Wahidiyah Senduro Lumajang. 3) Mendeskripsikan transinternalisasi nilai-nilai tasawuf melalui Shalawat Wahidiyah di SMP Wahidiyah Senduro Lumajang.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian, analisis data peneitian ini menggunakan model Miles and Huberman yakni pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Peneliti menguji kreadibilitas data dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini, yaitu : 1) Transformasi nilai-nilai tasawuf melalui Shalawat Wahidiyah di SMP Wahidiyah Senduro Lumajang dilakukan dengan proses pembelajaran di kelas VII, VIII, dan IX dan pemberian materi Pendidikan Wahidiyah yang disampaikan selama proses pembelajaran. 2) Transaksi nilai-nilai tasawuf melalui Shalawat Wahidiyah di SMP Wahidiyah Senduro Lumajang dilakukan melalui kegiatan terjadwal peserta didik bersama guru. 3) Transinternalisasi nilai-nilai tasawuf melalui Shalawat Wahidiyah di SMP Wahidiyah Senduro Lumajang ditunjukkan dengan dengan sikap reflektif dan aktif peserta didik dalam tindakan dan kegiatan di dalam sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ETISYA INDAH ROSA
Date Deposited: 11 Jul 2023 01:12
Last Modified: 11 Jul 2023 01:12
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26112

Actions (login required)

View Item View Item