Setiawa, Ach. Nurhadi (2023) IMPLEMENTASI PROGRAM ECOLITERACY DALAM PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENUMBUHKAN KARAKTER CINTA ALAM DI MTS SUNAN AMPEL BANYUWANGI. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.
Text
HADI SIAP HARD COVER (2)-1.pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK
Ach. Nurhadi Setiawan, 2023: “Implementasi Program Ecoliteracy dalam Pembelajaran IPS
untuk Menumbuhkan Karakter Cinta Alam di MTs Sunan Ampel
Banyuwangi”
Kata Kunci : Implementasi, Program Ecoliteacy, Karakter Cinta Alam.
Secara etimologis ecology merupakan paduan dua kata dari bahasa Yunani, yaitu
oikos dan logos. Logos sendiri berarti ilmu, sehingga ecology berarti ilmu tentang bagaimana
merawat dan memelihara alam semesta tempat tinggal makhluk hidup. Ecoliteracy identik
dengan pemahaman tentang konsep prinsip, teori, dan bagaimana fungsi sistem alam
berinteraksi dengan sistem sosial. Sikap dan nilai ekologis merupakan sensitivitas atau
kepekaan individu berkaitan dengan permasalahan lingkungan sedangkan perilaku lingkungan
bertujuaan untuk mendukung individu mempertimbangkan aktivitasnya terhadap lingkungan.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan
program ecoliteracy dalam pembelajaran IPS dalam menumbuhkan karakter cinta alam di
MTs Sunan Ampel Banyuwangi?. 2) Bagaimana pelaksanaan program ecoliteracy dalam
pembelajaran IPS dalam menumbuhkan karakter cinta alam di MTs Sunan Ampel
Banyuwangi?. 3) Bagaimana evaluasi program ecoliteracy dalam pembelajaran IPS dalam
menumbuhkan karakter cinta alam di MTs Sunan Ampel Banyuwangi?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan perencanaan program
ecoliteracy dalam pembelajaran IPS dalam menumbuhkan karakter cinta alam di MTs Sunan
Ampel Banyuwangi. 2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan program ecoliteracy dalam
pembelajaran IPS dalam menumbuhkan karakter cinta alam di MTs Sunan Ampel
Banyuwangi. 3) Untuk mendeskripsikan evaluasi program ecoliteracy dalam pembelajaran
IPS dalam menumbuhkan karakter cinta alam di MTs Sunan Ampel Banyuwangi.
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif, yaitu sebagai prosedur
penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata tertulis atau lisan. Dimana tujuan
dari penelitian deskriptif ini adalah membuat deskripsi, gambaran atau lukisan secara
sistematis, serta menghasilkan gambaran akurat serta pengetahuan yang dapat digunakan
dalam mendeskripsikan tentang suatu gejala atau fenomena yang terjadi di lapangan.
Pendekatan kualitatif ini dipilih oleh penulis karena dapat mengungkap data secara mendalam
tentang implementasi pembelajaran IPS dalam menumbuhkan ecoliteracy peserta didik di
MTs Sunan Ampel Banyuwangi. Adapun teknik pengumpulana data dalam penelitian ini
menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Penelitian ini memperoleh hasil kesimpulan: 1) Melalui RPP yang dibuat oleh guru. 2)
Ecoliteracy adalah sebuah program yang diselipkan dalam pembelajaran IPS dengan tema
dinamika interaksi manusia dengan alam. Dengan metode PJBL (Problem Based Learning)
melakukan kegiatan cinta alam seperti jumat bersih, penebaran benih ikan di sungai terdekat
dengan sekolah, menanam bibit tanaman di pollybag, meminum air galon yang disediakan
oleh sekolah. 3) Pengukuran dan penilaian.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130399 Specialist Studies in Education not elsewhere classified |
Depositing User: | Ach. Nurhadi Setiawan |
Date Deposited: | 11 Jul 2023 06:07 |
Last Modified: | 11 Jul 2023 06:07 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26113 |
Actions (login required)
View Item |