Strategi Pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Untuk Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus BUMDES Desa Sidomekar Kecamatan Semboro Kabupaten Jember)

Millah, Khofiatul (2023) Strategi Pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Untuk Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus BUMDES Desa Sidomekar Kecamatan Semboro Kabupaten Jember). Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
KHOFIATUL MILLAH E20192070.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kata Kunci: Strategi Pengembangan, BUMDes, Peningkatan Perekonomian, Ekonomi Islam.

Strategi pengembangan merupakan tindakan yang yang menuntun sebuah organisasi atau pengembangan dalam sebuah perusahaan kepada suatu usaha jangka panjang untuk memperbaiki proses – proses pemecahan masalah dan pembaharuan dalam sebuah organisasi, terutama dalam hal manajemen budaya organisasi yang lebih efektif dan kolaboratif dengan tekanan khusus pada budaya tim – tim kerja formal dengan bantuan pengantar sebuah perubahan, katalisator, dan penggunaan teori dan teknologi ilmiah keprilakuan terapan, mencakup sebuah riset kegiatan.
Fokus penelitia ini adalah: 1) Bagaimana strategi pengembangan badan usaha milik desa (BUMDes) di desa sidomekar kecamatan semboro kabupaten jember ? 2) Bagaimana perspektif ekonomi islam dalam pengambangan usaha yang di kembangkan BUMDes di desa sidomekar kecamatan semboro kabupaten jember ?
Tujuan penelitian ini adalah: 1)Untuk mengetahui bagaimana strategi yang di gunakan dalam pengembangan badan usaha milik desa di desa sidomekar kecamatan semboro kabupaten jember. 2) Untuk mengetahui bagaimana perspektif ekonomi islam dalam pengembangan usaha di BUMDes desa sidomekar kecamatan semboro kabupaten jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitati, dengan jenis penelitian menggunakan observasi, wawancara, serta dokumentasi, dengan jenis penelitian studi lapangan. Dengan analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data (kesimpulan). Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik.
Hasil penelitian ini adalah; 1) Strategi pengembangan merupakan tindakan untuk menuntun sebuah organisasi untuk melakukan tindakan-tindakan perubahan yang mana dalam strategi pengembangan badan usaha milik desa (BUMDes) desa sidomekar kecamatan semboro kabupaten jember ini melakukan sebuah strategi pengembangan BUMDes dengan cara melihat peluang yang ada di sekitar sehingga bisa memanfaatkannya untuk menghasilkan sebuah keuntungan, potensi yang dimiliki desa, dan juga dengan memperluas skala usaha yang dimiliki. Dengan begitu masyarakat bisa merasakan manfaat dari berdirinya BUMDes dikarenakan dengan memperluas skala usaha yang dimiliki maka terdapat peluang lapangan pekerjaannya bagi masyarakat desa sidomekar. 2) Ekonomi islam atau ekonomi syariah adalah segala bentuk – bentuk kegiatan ekonomi baik produksi, konsumsi, dan juga distribusi, yang mana segala bentuk perekonomian ini di atur berdasarkan syariat islam. Penerapan ekonomi islam sudah mulai diterapkan dalam pengembangan badan usaha milik desa (BUMDes), Jual beli yang dilakukan didalamnya sudah terdapat unsur ekonomi islam, seperti tidak adanya unsur riba, tidak ada unsur paksaan, semua dilakukan dengan asas suka sama suka, asas keadilan, asas yang saling menguntungkan antara kedua belah pihak, dan juga adanya asas tolong menolong.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140204 Economics of Education
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Khofiatul Millah
Date Deposited: 11 Jul 2023 02:01
Last Modified: 11 Jul 2023 02:01
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26115

Actions (login required)

View Item View Item