Martatilawati, Antis Inis (2023) Implementasi Pembelajaran Musthalahul al-Hadist di SMK Baitul Hikmah Pondok Pesantren Baitul Hikmah Tempurejo Jember Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Achmad Siddiq Jember.
Text
Antis Inis Martatilawati_PAI_2019.pdf Download (5MB) |
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini yakni adanya pembelajaran Musthalahul al-Hadist di SMK Baitul Hikmah yang pada umumnya dilaksanakan di Madrasah Aliyah. Selain itu, lembaga mengadopsi kurikulum KMI Gontor dan kurikulum formal yang dilaksanakan beriringan, dengan tujuan ilmu agama dan ilmu umum dapat tercapai. Disamping itu, proses pembelajaran mengalami kendala dan kesulitan belajar karena kurang mendukungnya media pembelajaran dan kurang bervariasinya metode pembelajaran yang didominasi oleh pendidik.
Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah:1. Bagaimana perencanaan pembelajaran musthalahul al-hadits di SMK Baitul Hikmah Pondok Pesantren Baitul hikmah Tempurejo Jember tahun pelajaran 2022/2023?, 2. Bagaimana pelaksanaan pembelajaran musthalahul al-hadits di SMK Baitul Hikmah Pondok Pesantren Baitul hikmah Tempurejo Jember tahun pelajaran 2022/2023?,3. Bagaimana evaluasi pembelajaran musthalahul al-hadits di SMK Baitul Hikmah Pondok Pesantren Baitul hikmah Tempurejo Jember tahun pelajaran 2022/2023?.
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan perencanaan musthalahul al-hadits di SMK Baitul Hikmah Pondok Pesantren Baitul hikmah Tempurejo Jember tahun pelajaran 2022/2023, mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran musthalahul al-hadits di SMK Baitul Hikmah Pondok Pesantren Baitul hikmah Tempurejo Jember tahun pelajaran 2022/2023, dan mendeskripsikan evaluasi musthalahul al-hadits di SMK Baitul Hikmah Pondok Pesantren Baitul hikmah Tempurejo Jember tahun pelajaran 2022/2023.
Pendekatan penelitian ini kualitatif jenis deskriptif. Teknik penentuan subjek penelitian menggunakan metode purposive sampling, teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Teori Miles, Huberman dan Saldana yakni kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data menggunakan Triangulasi sumber dan Tiangulasi teknik.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) Perencanaan musthalahul hadits biasa disebut dengan ‘idad at-tadris yang ditulis tangan dengan bahasa Arab yang komponennya lebih sederhana. Acuan pembuatan ‘idad at-Tadris untuk materi yakni silabus KMI dan metode serta media menyesuaikan kebutuhan dan yang rampung dilaporkan kepenanggung jawab KMI untuk dikoreksi dan divalidasi. 2) Pelaksanaan pembelajaran Musthalahul al-hadits ialah kegiatan pembuka, kegiatan inti dengan menggunakan metode ceramah, tanya jawab, hafalan, dan diskusi dan kegiatan penutup. 3) Evaluasi Musthalahul al-Hadits berupa tes lisan dan tes tulis yakni ulangan harian, PTS, dan PAS dengan bentuk jawaban singkat dan uraian berjumlah 20 sampai 25 soal yang disesuiakan prosesntase 30% soal mudah, 50% soal sedang, dan 20% soal sulit, berupa. Pembelajaran dikatakan mencapai tujuan apabila peserta didik dapat mencapai nilai 6 atau maqbul.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130399 Specialist Studies in Education not elsewhere classified |
Depositing User: | Mrs Antis Inis Martatilawati |
Date Deposited: | 11 Jul 2023 06:53 |
Last Modified: | 11 Jul 2023 06:53 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26116 |
Actions (login required)
View Item |