Metode Pembelajaran Kitab Fathul Mu’in di Pondok Pesantren Darul Hikam Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember

Amalia, Nur Farida (2023) Metode Pembelajaran Kitab Fathul Mu’in di Pondok Pesantren Darul Hikam Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Shidiq Jember.

[img] Text
NEW SKRIPSI NUR FARIDA AMALIA T20601199.pdf

Download (3MB)

Abstract

Nur Farida Amalia, 2023: Metode Pembelajaran Kitab Fathul Mu’in di Pondok Pesantren Darul Hikam Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember.
dengan baik manakala ustadz memahami berbagai metode atau cara bagaimana materi harus disampaikan pada sasaran santri. Begitu pula proses pembelajaran yang berlangsung di pesantren, seorang ustadz dituntut untuk menguasai metode pembelajaran yang digunakan untuk para santrinya, termasuk metode yang digunakan dalam pembelajaran kitab yang lazim dikenal tanpa harakat (kitab gundul). Fokus Penelitian ini adalah : 1) Bagaimana metode sorogan dalam pembelajaran kitab Fathul Mu‟in di Pondok Pesantren Darul Hikam Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember? 2) Bagaimana metode bandongan dalam pembelajaran kitab Fathul Mu‟in di Pondok Pesantren Darul Hikam Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember? 3) Bagaimana metode halaqoh dalam pembelajaran kitab Fathul Mu‟in di Pondok Pesantren Darul Hikam Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember?. Tujuan Penelitian ini adalah : 1) Mendeskripsikan metode sorogan dalam pembelajaran kitab fathul mu‟in di Pondok Pesantren Darul Hikam Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember 2) ) Mendeskripsikan metode bandongan dalam pembelajaran kitab fathul mu‟in di Pondok Pesantren Darul Hikam Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember 3) ) Mendeskripsikan metode halaqoh dalam pembelajaran kitab fathul mu‟in di Pondok Pesantren Darul Hikam Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian studi kasus. Penentuan subyek penelitian menggunakan purposive. Sedangkan tehnik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah teori milik Miles dan Huberman yang mengatakan analisis data terbagi menjadi tiga aktivitas bersamaan: 1) Kondensasi data, 2) Penyajian data, 3) Penarikan kesimpulan. Kemudian keabsahan data peneliti menggunakan kredibilitas data yaitu triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Berikut kesimpulan dari hasil penelitian yaitu: 1) metode sorogan dalam pembelajaran kitab fathul mu‟in di Darul Hikam Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember yaitu dilakukan secara face to face dimana santri satu per satu langsung menyodorkan kitab fathul mu‟indan membaca kitab tersebut dihadapan ustadz jika ada kesalahan dalam membaca kitab, ustadz langsung membenarkannya. 2) Metode bandongan dalam pembelajaran kitab fathul mu‟in di Pondok Pesantren Darul Hikam Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember yaitu ustadz menggunakan bahasa sehari-hari atau bahasa Ibu untuk menerjemahkan dan menjelaskan materi kitab fathul mu‟in dan santri cukup mendengarkan apa yang disampaikan oleh ustadz serta mencatat makna atau keterangan yang dianggap penting.3) Metode halaqoh dalam pembelajaran kitab fathul mu‟in di Pondok Pesantren Darul Hikam Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember yaitu dilakukan secara berkelompok yang terdiri dari 5-8 orang. Sebelum halaqoh santri senior terlebih dahulu sorogan ke ustadz, hasil sorogan tersebut akan di diskusikan dengan santri lain dengan bentuk kelompok yang disebut halaqoh.
Kata Kunci: MetodePembelajaran, KitabFathulMu‟in. Kegiatan pembelajaran di madrasah atau pondok pesantren akan berlangsung

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Amalia Nur farida
Date Deposited: 11 Jul 2023 03:15
Last Modified: 11 Jul 2023 03:15
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26123

Actions (login required)

View Item View Item