Penerapan model cooperative learning tipe TGT (Teams Games Tournament) untuk meningkatkan percaya diri (Self-Confidence) peserta didik pada mata pelajaran Fikih kelas 8F di MTsN 2 Jember Tahun Pelajaran 2022/2023

Afifah, Nur (2023) Penerapan model cooperative learning tipe TGT (Teams Games Tournament) untuk meningkatkan percaya diri (Self-Confidence) peserta didik pada mata pelajaran Fikih kelas 8F di MTsN 2 Jember Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Nur Afifah_T20191061.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penerapan model pembelajaran tipe TGT merupakan kegiatan pembelajaran yang menuntut peserta didik untuk aktif. Sehingga, model TGT ini dapat memberikan solusi dalam mengatasi suatu permasalahan yang sering terjadi didalam kelas, misalnya kurang percaya diri dalam hal bertanya dan menjawab pertanyaan. Dengan demikian, seorang guru harus kreatif dalam menyiapkan suatu strategi maupun model pembelajaran yang tepat sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.

Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana Penerapan Model Cooperative Learning Tipe TGT (Teams Games Tournament) untuk Meningkatkan Percaya Diri (Self-Confidence) Peserta Didik pada Mata Pelajaran Fikih Kelas 8F di MTsN 2 Jember Tahun Pelajaran 2022/2023?, 2) Bagaimana Implikasi Penerapan Model Cooperative Learning Tipe TGT (Teams Games Tournament) untuk Meningkatkan Percaya Diri (Self-Confidence) Peserta Didik pada Mata Pelajaran Fikih Kelas 8F di MTsN 2 Jember Tahun Pelajaran 2022/2023?.

Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan Penerapan Model Cooperative Learning Tipe TGT (Teams Games Tournament) dalam Meningkatkan Percaya Diri (Self-Confidence) Peserta Didik pada Mata Pelajaran Fikih Kelas 8F di MTsN 2 Jember Tahun Pelajaran 2022/2023, 2) Untuk mendeskripsikan Implikasi Penerapan Model Cooperative Learning Tipe TGT (Teams Games Tournament) dalam Meningkatkan Percaya Diri (Self-Confidence) Peserta Didik pada Mata Pelajaran Fikih Kelas 8F di MTsN 2 Jember Tahun Pelajaran 2022/2023.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Penentuan subyek penelitian menggunakan teknik purposive.Teknik pengumpulan datanya yaitu menggunakan observasi, tes, angket, dan wawancara. Sedangkan, teknik analisis datanya menggunakan kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan data pendukung yaitu statistik deskriptif. Keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan teknik.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan model cooperative learning tipe TGT dilakukan sebanyak dua siklus dengan beberapa tahap yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Setiap pertemuan ada tiga tahapan pembelajaran yaitu pendahuluan, inti, dan penutup. (2) Implikasi penerapan model cooperative learning tipe TGT dapat meningkatkan percaya diri (self-confidence) dan mempengaruhi hasil belajarnya. Nilai percaya diri pada tahap pra siklus diperoleh 39, siklus I diperoleh 53,5, dan siklus II diperoleh 77,4. Selain itu, rata-rata hasil belajarnya juga mengalami peningkatan dari tahap pra siklus diperoleh 67,57, siklus I diperoleh 75, dan siklus II diperoleh 89.

Kata kunci: Pembelajaran aktif; pembelajaran menyenangkan; model cooperative learning; Teams Games Tournament; percaya diri (Self-Confidence); Fikih.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170109 Personality, Abilities and Assessment
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Nur Afifah
Date Deposited: 11 Jul 2023 02:39
Last Modified: 11 Jul 2023 02:39
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26132

Actions (login required)

View Item View Item