Pengembangan Media Pembelajaran Papan Tali Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Tentang Operasi Perkalian Bagi Siswa Kelas II MI Misbahul Hidayah Suboh Situbondo

afifa, arfi nur (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Papan Tali Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Tentang Operasi Perkalian Bagi Siswa Kelas II MI Misbahul Hidayah Suboh Situbondo. Undergraduate thesis, UIN KH Acmad Siddiq Jember.

[img] Text
bendel (arfi nur afifa) 1.pdf

Download (26MB)

Abstract

Arfi nur afifa, 2023: “pengembangan papan tali sebagai media pembelajaran Matematika kelas II Di MI Misbahul Hidayah Suboh Situbondo”

Kata kunci: pengembangan, Media Pembelajaran, Papan Tali, Matematika, kelas II MI Misbahul Hidayah Suboh Situbondo.

Dengan adanya kreatifitas guru dalam mengembangkan media pembelajaran papan tali pada materi operasi hitung perkalian ini akan berdampak positf bagi peserta didik. Sepertinya halnya pengembangan media papan tali di MI Misbahul Hidayah. Bahwa media papan tali merupakan salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan sebagai pengantar proses pembelajaran agar lebih menarik dan memberikan nuansa lingkungan yang baru bagi siswa. Hal ini pentingnya pengembangan media pembelajaran pada materi ini siswa sulit untuk memahami pelajaran karena media pendukung yang digunakan oleh guru kurang begitu menarik cenderung membuat siswa kurang bersemangat dalam mengikuti pembelajaran. Apa bila pendidik mampu mengolah pembelajaran media pembelajaran berbasis papan tali, maka pelajaran matematika yang dijelaskan akan lebih efesien dalam penggunaan media yang lebih maksimal.
Peneliti pengembangan media pembelajaran ini bertujuan untuk : 1) mengetahui efektifitas media pembelajaran papan tali untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam operasi hitung perkalian pada pembelajaran Matematika, 2) mengetahui kelayakan pengembangan media papan tali untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam operasi hitung perkalian pada pembelajaran Matematika, 3) mengetahui ke efektifan pengembangan media papan tali untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam operasi hitung perkalian pada pembelajaran Matematika bagi siswa kelas II di MI Misbahul Hidayah Suboh Situbondo.
Jenis penelitian yang akan digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan jenis data kualitatif dan kuantitatif. Penelitian pengembangan ini mengacu pada model ADDIE: dengan lima langkah pengembangan yaitu : 1) Analisis, 2) Desain, 3) pengembangan, 4) implementasi, dan 5) Evaluasi.
Hasil penelitian pengembangan media papan tali dengan menggunakan metode ADDIE telah memenuhi kriteria uji coba beberapa ahli. Hasil uji coba ahli media menunjukkan tingkat kevalidan sebesar 88%, sedangkan kevalidan ahli materi sebesar 92% dan ahli pembelajaran sebesar 92% dengan kualitas valid dan layak digunakan. Sedangkan hasil uji coba pengguna menunjukkan tingkat ketertarikan peserta didik kelas II-A mencapai 89% dan hasil uji coba pengguna ketertarikan peserta didik kelas II-B mencapai 86% sehingga dapat disimpulkan bahwa melalui perbandingan kelas II-A dan II-B bahwa media papan tali yang dikembangkan dapat diterapkan dalam pembelajaran kelas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0102 Applied Mathematics > 010201 Approximation Theory and Asymptotic Methods
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Arfi nur afifa
Date Deposited: 11 Jul 2023 06:50
Last Modified: 11 Jul 2023 06:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26139

Actions (login required)

View Item View Item