Pengembangan Alat Peraga Kotak Sifat Cahaya (Kosica) Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas IV MI Ma'arif 41 Tarbiyatul Islamiyah Wuluhan Jember

Agustia, Putri Agustia (2023) Pengembangan Alat Peraga Kotak Sifat Cahaya (Kosica) Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas IV MI Ma'arif 41 Tarbiyatul Islamiyah Wuluhan Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
T20194067_Putri Agustia Indriani_Skripsi (2).pdf

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK

Putri Agustia Indriani, 2023: Pengembangan Alat Peraga Kotak Sifat Cahaya (Kosica) Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas IV MI Ma’arif 41 Tarbiyatul Islamiyah Wuluhan Jember.

Kata kunci: pengembangan, alat peraga kotak sifat cahaya (Kosica)

Kurangnya inovasi guru dalam mengembangkan alat peraga pembelajaran, kurangnya fasilitas yang disediakan oleh sekolah dan kurang efektifnya penggunaan alat peraga dalam pembelajaran IPA menjadi masalah bagi peserta didik. Hal ini mengakibatkan hasil pembelajaran peserta didik yang kurang maksimal khususnya pada pembelajaran IPA cukup sulit dipahami pada materi yang abstrak sehingga perlu adanya penerapan kosep yang konkret. Alat peraga kotak sifat cahaya (kosica) yang kemudian dikembangkan dalam membantu proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam yang lebih inovatif, kreatif dan efektif.
Fokus masalah dari penelitian ini adalah: 1) Bagaimana proses pengembangan alat peraga kotak sifat cahaya (Kosica) pada pembelajaran IPA kelas IV MI Ma’arif 41 Tarbiyatul Islamiyah Wuluhan Jember. 2) Bagaimana validitas alat peraga kotak sifat cahaya (Kosica) pada pembelajaran IPA kelas IV MI Ma’arif 41 Tarbiyatul Islamiyah Wuluhan Jember. 3) Bagaimana kepraktisan alat peraga kotak sifat cahaya (Kosica) pada pembelajaran IPA kelas IV MI Ma’arif 41 Tarbiyatul Islamiyah Wuluhan Jember. 4) Bagaimana efektifitas alat peraga kotak sifat cahaya (Kosica) pada pembelajaran IPA kelas IV MI Ma’arif 41 Tarbiyatul Islamiyah Wuluhan Jember.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan proses pengembangan alat peraga kotak sifat cahaya (Kosica) pada pembelajaran IPA kelas IV MI Ma’arif 41 Tarbiyatul Islamiyah Wuluhan Jember. 2) Untuk mendeskripsikan validitas alat peraga kotak sifat cahaya (Kosica) pada pembelajaran IPA kelas IV MI Ma’arif 41 Tarbiyatul Islamiyah Wuluhan Jember. 3) Untuk mendeskripsikan kepraktisan alat peraga kotak sifat cahaya (Kosica) pada pembelajaran IPA kelas IV MI Ma’arif 41 Tarbiyatul Islamiyah Wuluhan Jember. 4) Untuk mendeskripsikan efektifitas alat peraga kotak sifat cahaya (Kosica) pada pembelajaran IPA kelas IV MI Ma’arif 41 Tarbiyatul Islamiyah Wuluhan Jember.
Peneliti menggunakan metode Research and Development (R&D), dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu: Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Teknik pengumpulan yang digunakan yakni wawancara, observasi, angket, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yakni: 1) kualitatif yang diperoleh dari hasil wawancara, observasi serta kritik dan saran dari validator, dan guru. 2) kuantitatif yang diperoleh dari hasil angket validasi ahli media, validasi ahli materi, angket guru dan peserta didik dan hasil tes 1 dan tes 2
Hasil penelitian memperoleh kesimpulan: 1) Hasil proses pengembangan menghasilkan produk berupa alat peraga kotak sifat cahaya 5in 1, 5 sifat cahaya berada dalam satu kotak, sehingga memudahkan peserta didik dalam melakukan percobaan. 2) Hasil validitas alat peraga kotak sifat cahaya (Kosica) dibuktikan dengan uji validitas yang dilakukan oleh 2 validator, yaitu validasi media 96% dan validasi materi 95%, sehingga diperoleh rata-rata hasil presentase validasi oleh 2 ahli yaitu 95% yang artinya alat peraga kotak sifat cahaya (Kosica) dikategorikan sangat valid atau layak untuk digunakan. 3) Hasil kuesioner tanggapan kelompok kecil 98%, kemudian tanggapan kelompok besar 98% untuk tanggapan guru dan 90% untuk tanggapan peserta didik, sehingga dapat dikategorikan sangat praktis. 4) Hasil keefektifan alat peraga kotak sifat cahaya (Kosica) diketahui dari hasil nilai tes 1 dan tes 2 peserta didik, kemudian memperoleh skor rata-rata tes 1 49% dan tes 2 86%, dari hasil tersebut maka alat peraga kotak sifat cahaya (Kosica) materi sifat-sifat cahaya dapat dikatakan efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Putri Agustia Indriani
Date Deposited: 11 Jul 2023 03:39
Last Modified: 11 Jul 2023 03:39
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26141

Actions (login required)

View Item View Item