STRATEGI JOYFULL LEARNING DENGAN MEDIA LCD PROYEKTOR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK MA BANIY KHOLIEL BANGSALSARI JEMBER

Nurhidayah, Siti (2023) STRATEGI JOYFULL LEARNING DENGAN MEDIA LCD PROYEKTOR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK MA BANIY KHOLIEL BANGSALSARI JEMBER. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember..

[img] Text
SITI NURHIDAYAH_T20191440.pdf

Download (6MB)

Abstract

Siti Nurhidayah, 2023: Strategi Joyfull Learning Dengan Media LCD Proyektor Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Akidah Akhlak MA Baniy Kholiel Bangsalsari Jember.
Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Joyfull learning, Media LCD Proyektor,
dan Akidah Akhlak.
Strategi pembelajaran merupakan cara yang dipilih guru dalam penyampaian materi di setiap pembelajaran. Selain strategi pembelajaran, peran media pembelajaran juga sangat penting karena media digunakan untuk memperlancar interaksi pendidik dengan peserta didik. Sebagaimana pada penggunaan media LCD proyektor dalam proses belajar mengajar. Melalui kegiatan belajar mengajar akan memberikan efek pengalaman belajar sehingga hal itu akan memberikan dampak hasil belajar yang mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik. Oleh karena itu, penggunaan strategi ataupun media dalam pembelajaran diharapkan mampu merangsang siswa untuk lebih semangat dan aktif belajar.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana penggunaan strategi joyfull learning dengan media LCD proyektor pada mata pelajaran akidah akhlak kelas X IPAS MA Baniy Kholiel Bangsalsari Jember? 2) Bagaimana hasil belajar peserta didik mata pelajaran akidah akhlak menggunakan strategi joyfull learning dengan media LCD proyektor pada kelas X IPAS MA Baniy Kholiel Bangsalsari Jember?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan penggunaan strategi joyfull learning dengan media LCD proyektor pada mata pelajaran akidah akhlak Kelas X IPAS MA Baniy Kholiel Bangsalsari Jember. 2) Untuk mengetahui hasil belajar peserta didik mata pelajaran akidah akhlak menggunakan strategi joyfull learning dengan media LCD proyektor pada kelas X IPAS MA Baniy Kholiel Bangsalsari Jember.
Untuk mengidentikasi permasalahan tersebut, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian yang dipilih yakni MA Baniy Kholiel Bangsalsari Jember. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Miles, Huberman dan Saldana melalui 4 tahapan yakni koleksi data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data pada penelitian ini menggunakan dua macam yaitu: 1) Triangulasi sumber, dan 2) Triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini adalah 1) Penggunaan strategi joyfull learning dengan media LCD Proyektor pada mata pelajaran akidah akhlak kelas X IPAS menggunakan beberapa tahapan yakni tahapan perencanaan, pelaksanaan, dan tahapan evaluasi. 2) Hasil belajar peserta didik setelah guru menggunakan strategi joyfull learning dengan media LCD proyektor pada kelas X IPAS mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari hasil penilaian belajar peserta didik melalui tes tertulis dan tes unjuk kerja.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Skripsi Siti Nurhidayah
Date Deposited: 11 Jul 2023 04:25
Last Modified: 11 Jul 2023 04:25
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26142

Actions (login required)

View Item View Item