PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH PADA MATA PELAJARAN FIKIH KELAS VIII DI MADRASAH TSANAWIYAH MIFTAHUL ULUM RAMBIPUJI TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Mira Dwi, Rahmawati (2023) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH PADA MATA PELAJARAN FIKIH KELAS VIII DI MADRASAH TSANAWIYAH MIFTAHUL ULUM RAMBIPUJI TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
MIRA DWI RAHMAWATI_T20191401.pdf

Download (10MB)

Abstract

Strategi pembelajaran index card match adalah suatu strategi pembelajaran yang mana peserta didik mencocokkan atau mencari kartu pasangan yang berisi pertanyaan dan jawaban. Tujuan dari strategi index card match adalah menciptakan suasana pembelajaran yang aktif dan menyenangkan. Strategi ini mencakup aspek kognitif siswa karena karakteristik mata pelajaran fikih juga terdapat pemahaman konsep materi dan tidak hanya melakukan sebuah pengaplikasian saja. Strategi ini memiliki fleksibelitas yang tinggi sebab mudah untuk diterapkan pada semua mata pelajaran di tingkat satuan lembaga apapun.
Fokus penelitian yang dibahas pada skripsi ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan strategi pembelajaran index card match pada mata pelajaran fikih di kelas VIII MTs Miftahul Ulum Rambipuji tahun pelajaran 2022/2023? 2) Bagaimana Pelaksanaan strategi pembelajaran index card match pada mata pelajaran fikih di kelas VIII MTs Miftahul Ulum Rambipuji tahun pelajaran 2022/2023? 3) Bagaimana evaluasi strategi pembelajaran index card match pada mata pelajaran fikih di kelas VIII MTs Miftahul Ulum Rambipuji tahun pelajaran 2022/2023?
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian dilaksanakan di MTs Miftahul Ulum Rambipuji, JL. Bedadung, Desa Rambipuji, Kecamatan Rambipuji, Kabupaten Jember, Kelas VIII. Subjek penelitian ditentukan melalui teknik purposive sampling. Sejumlah data penelitian dikumpulkan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil data yang diperoleh selanjutnya dianalisis menggunakan teknik analisis model interaktif dari Miles & Huberman dan Saldana. Adapun keabsahan data diperoleh melalui dua teknik triangulasi yaitu triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa: 1) Perencanaan guru fikih kelas VIII dalam strategi pembelajaran index card match adalah memilah dan mengidentifikasi silabus Fikih kelas VIII, menyusun RPP atau Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Fikih kelas VIII, kemudian menyiapkan materi pembelajaran Fikih berupa kesempurnaan rukun Islam tentang haji dan umroh. 2) Pelaksanaan strategi pembelajaran index card match dilakukan dengan tiga langkah kegiatan yaitu kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. 3) Adapun evaluasi pembelajaran menggunakan model evaluasi formatif yaitu dengan mengerjakan buku LKS pilihan ganda dan memberikan pekerjaan rumah berupa soal-soal uraian terkait materi yang sedang dipelajari.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mira Dwi Rahmawati
Date Deposited: 11 Jul 2023 01:58
Last Modified: 11 Jul 2023 01:58
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26143

Actions (login required)

View Item View Item