Implementasi Pembelajaran Tahfidzul Qur'an PTPT (Pasca TPQ Program Tahfidz) Nurul Qur'an Sempu Banyuwangi Tahun 2023

Rosidah, Ika Lailatul (2023) Implementasi Pembelajaran Tahfidzul Qur'an PTPT (Pasca TPQ Program Tahfidz) Nurul Qur'an Sempu Banyuwangi Tahun 2023. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI IKA LAILATUL ROSIDAH T20191007.pdf

Download (13MB)

Abstract

Ika Lailatul Rosidah, 2023: “Implementasi Pembelajaran Tahfidzul Qur’an PTPT (Pasca TPQ Program Tahfidz) Nurul Qur’an Sempu Banyuwangi Tahun 2023.”
Kata Kunci: Imlementasi, Pembelajaran Tahfidzul Qur’an PTPT.
Al-Qur'an adalah kitab suci yang harus dibaca, dipahami, diterapkan, dan digunakan sebagai pedoman hidup untuk menemukan pemenuhan dalam kehidupan saat ini dan selanjutnya. Al-Qur'an secara alternatif dapat dilihat sebagai kompilasi dari firman Allah, yang diberikan kepada Nabi Muhammad SAW oleh malaikat Jibril, dan ditulis yang dimulai dengan surat Al-Fatihah dan diakhiri dengan An-Nas. Pembelajaran Tahfidzul Qur’an PTPT yang merupakan program dari pusat yang bertujuan dapat mencetak santri yang dapat menghafal Al-Qur’an yang kaffah serta menghafal tanpa harus ke pondok pesantren.
Adapun fokus pada penelitian ini adalah 1) Bagaimana Implementasi dan Hasil Metode Qiro’ati PTPT (Pasca TPQ Program Tahfidz) Dalam Pembelajaran Tahfidzul Qur’an TPQ Darul Amin Sempu Banyuwangi?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data menggunakan: 1) Observasi, 2) Wawancara, dan 3) Dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan model Milles and Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pada uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan yaitu (1) Perencanaan pembelajaran Tahfidzul Qur’an pada PTPT Nurul Qur’an harus sudah memiliki syahadah lulus dari TPQ metode Qiro’ati serta melalui pra-PTPT yang merupakan seleksi alamiah selama kurang lebih 1 tahun 3 bulan dengan 60 kali khataman Al-Qur’an. (2) Pelaksanaan pembelajarannya yaitu 15 menit pertama santri menghafal individu, 15 menit kedua santri setoran hafalan pada guru, 15 menit ketiga baca simak antar santri, 15 menit keempat Istimror, kemudian 30 menit yang terakhir membaca Al-Qur’an bersama. (3) Evaluasi pembelajaran terdapat 2 evaluasi yaitu evaluasi proses dan evaluasi akhir. Untuk evaluasi prosesnya santri saat setoran hafalan pada guru ditegur dan dibenarkan, sedangkan evaluasi akhir dilaksanakan pada saat kenaikan juz dengan menyetorkan hafalan kepada ustadz/ ustadzah yang hafal 30 juz dan bersanad secara Billghoib, dari pemebelajaran Tahfidzul Qur’an PTPT Nurul Qur’an terdapatnya santri yang sudah hafal 12 juz dengan waktu kurang lebih 3 tahun dengan bacaan sesuai dengan kaidah ilmu tajwid metode Qiro’ati.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ika Lailatul
Date Deposited: 11 Jul 2023 02:17
Last Modified: 11 Jul 2023 02:17
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26148

Actions (login required)

View Item View Item