Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom Berbantuan Video Pembelajaran dengan Metode Tutor Sebaya terhadap Kepercayaan Diri dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Pertahanan Tubuh Kelas XI MIPA di SMAN Balung Jember Tahun Pelajaran 2022/2023

Habib, Ariska Al (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom Berbantuan Video Pembelajaran dengan Metode Tutor Sebaya terhadap Kepercayaan Diri dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Pertahanan Tubuh Kelas XI MIPA di SMAN Balung Jember Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ariska Al Habib T20198068.pdf

Download (13MB)

Abstract

Materi sistem pertahanan tubuh adalah materi pelajaran Biologi kelas XI MIPA. Materi ini termasuk jenis materi yang tingkat kesukarannya tinggi dan jumlah materi tergolong banyak. Beberapa sub materi dari materi sistem pertahanan tubuh masih sulit dipahami oleh siswa karena terdapat materi yang bersifat mekanisme. Sehingga perlu penggambaran secara visual mengenai mekanisme dalam materi tersebut. Oleh karena itu, diperlukan adanya inovasi pembelajaran di materi tersebut untuk menambah pemahaman siswa dan terciptanya suasana yang menarik serta menyenangkan dalam proses pembelajaran. Salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran yang lebih bervariasi, yaitu dengan menerapkan model pembelajaran flipped classroom bantuan video pembelajaran dengan metode tutor sebaya.
Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) Mendeskripsikan kepercayaan diri siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol; 2) Mendeskripsikan hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol; 3) Mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran flipped classroom bantuan video pembelajaran dengan metode tutor sebaya pada materi sistem pertahanan tubuh terhadap kepercayaan diri siswa; 4) Mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran flipped classroom bantuan video pembelajaran dengan metode tutor sebaya pada materi sistem pertahanan tubuh terhadap hasil belajar siswa
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen, desain Quasi experimental design dengan bentuk penelitian Nonequivalent Group Post-test Only Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, terpilih kelas XI MIPA 1 sebagai kelas kontrol dan XI MIPA 2 sebagai kelas ekperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, dokumentasi dan kuesioner (angket). Teknik analisis data menggunakan uji Mann Whitney-U.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Skor rata-rata angket kepercayaan diri siswa kelas ekperimen lebih tinggi dari skor rata-rata kelas kontrol; 2) Nilai rata-rata post-test kelas ekperimen lebih tinggi dari nilai rata-rata kelas kontrol; 3) Ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran model pembelajaran flipped classroom bantuan video pembelajaran dengan metode tutor sebaya terhadap kepercayaan diri siswa dengan nilai signifikansi 0,022; 4) Ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran flipped classroom bantuan video pembelajaran dengan metode tutor sebaya terhadap hasil belajar siswa dengan nilai signifikansi 0,005.
Kata Kunci: model pembelajaran flipped classroom, tutor sebaya, kepercayaan diri, hasil belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0699 Other Biological Sciences > 069999 Biological Sciences not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Ariska Al Habib
Date Deposited: 11 Jul 2023 02:39
Last Modified: 11 Jul 2023 02:39
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26149

Actions (login required)

View Item View Item