REFLEKSI KETELADANAN PADA LEBAH DALAM KAJIAN TAFSIR LISAN Q.S AN NAHL AYAT 68-69 ( KAJIAN TAFSIR LISAN PROF. QURAISH SHIHAB )

Mubarok, Ahmad Sofiyul (2023) REFLEKSI KETELADANAN PADA LEBAH DALAM KAJIAN TAFSIR LISAN Q.S AN NAHL AYAT 68-69 ( KAJIAN TAFSIR LISAN PROF. QURAISH SHIHAB ). Undergraduate thesis, UIN KH ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
WATERMARK.pdf

Download (2MB)

Abstract

Sifat manusia sangatlah dinamis, dapat berubah disesuai kondisi lingkungan dan zaman. Kualitas manusia ditentukan oleh manusia itu sendiri, dapat memenuhi kapastitas kemampuannya, bahkan dapat melebihinya. Dalam kelebihannya, manusia memperoleh predikat makhluk paling istimewa di bumi karena Allah swt memberinya akal, maka manusia dapat disebut dengan Hayawan Natiq. Akan tetapi, tidak berarti hewan tidak punya kelebihan seperti manusia, hewan juga mempunyai kelebihan khusus, seperti lebah, yang mempunyai keistimewaan dalam hidupnya hingga menjadi amtsal dalam Al-Qur‟an. Salah satu mufassir nusantara yang menjelaskan keistimewaan lebah dalam surat An-Nahl ayat 68-69, yaitu Quraish Shihab. Beliau merupakan ulama nusantara yang membentang dari ujung barat ke timur keilmuannya, maka penulis akan meneliti ceramah beliau dengan tafsir lisan dalam platform youtube.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Kualitatif adalah prosedur penelitian yang mampu menghasilkan data deskriptif berupa ucapan, tulisan, dan perilaku dari orang-orang yang diamati.
Hasil penelitian ini menjelaskan bagaimana sikap keteladanan lebah yang di teladani oleh manusia dalam ceramah Qurasih Shihab. Dengan menggunakan teori Tindakan sosial Max Weber yaitu ; instrumentally rational, value rational, affectual dan tradisional. Peneliti mendapatkan kesesuaian antara sikap keteladanan lebah dan sifat yang dimiliki manusia. Hingga manusia harus meneladani sikap lebah yang sangat inovatif dan produktif.
Penelitian ini sampai pada simpulan bahwa yaitu ; 1. Surat An-Nahl ayat 68-69 menjelaskan kelebihan khusus yang dimiliki oleh lebah, sikap keteladanan yang ada pada lebah yaitu, kedisiplinan, solidaritas yang tinggi, tidak mencari jabatan dan saling membantu. 2. Dalam penafsirannya dengan metode lisan, Quraish Shihab menjelaskan kehidupan lebah yang telah disebutkan di dalam Al-Qur‟an dengan menggunakan karyanya yaitu kitab Al-misbah dalam menafsirkan surat An-nahl ayat 68-69. 3. Implikasi keteladanan pada lebah yaitu masyarakat dapat menerapkan sikap yang dimiliki lebah dalam kehidupan bersosial.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220407 Studies in Religious Traditions (excl. Eastern, Jewish, Christian and Islamic Traditions)
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220499 Religion and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Unnamed user with email johanyesus12@gmail.com
Date Deposited: 11 Jul 2023 03:54
Last Modified: 11 Jul 2023 03:54
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26151

Actions (login required)

View Item View Item