Penerapan sistem merit dalam manajemen aparatur sipil negara menurut undang-undang nomor 5 tahun 2014 di pemerintah kabupaten pasuruan

Intan Oktavia, Cicik Nurliyo (2023) Penerapan sistem merit dalam manajemen aparatur sipil negara menurut undang-undang nomor 5 tahun 2014 di pemerintah kabupaten pasuruan. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (Cicik Nurliyo Intan Oktavia)
SKRIPSI TERBAIK LENGKAP REVISI[3]-1.pdf

Download (24MB)

Abstract

Undang-Undang Aparatur Sipil Negara menerapkan manajemen Aparatur Sipil Negara dengan penerapan sistem merit. Dijelaskan bahwa Manajemen ASN merupakan pengelolaan Aparatur Sipil Negara untuk menghasilkan pegawai ASN yang profesional, memiliki nilai dasar etika profesi, bebas dari intervensi politik, bersih dari praktik korupsi, kolusi serta nepotisme. Manajemen Aparatur sipil Negara meliputi : penyusunan penetapan kebutuhan, pengadaan, pangkat dan jabatan, pengembangan karier, pola karier, promosi, mutasi, penilaian kerja,gaji dan tunjangan, penghargaan, kedisiplinan, pemberhentian, perlindungan, pensiun. Pelaksanaan Manajemen Aparatur Sipil Negara harus berdasarkan sistem merit yang sesuai dengan Pasal 1 angka (22) Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 Tentang Aparatur Sipil Negara.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah 1. Bagaimana Pelaksanaan Penerapan Sistem Merit dalam Manajemen Aparatur Sipil Negara di Pemerintah Kabupaten Pasuruan? 2. Apakah Penerapan Sistem Merit dalam Pelaksanaan Manajemen Aparatur Sipil Negara sesuai dengan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 Tentang Aparatur Sipil Negara?
Tujuan dari penelitian ini adalah 1. Untuk mengetahui pelaksanaan penerapan sistem merit dalam Manajemen Aparatur Sipil Negara di Pemerintah Kabupaten Pasuruan 2. Untuk mengetahui apakah penerapan sistem merit dalam pelaksanaan Manajemen Aparatur Sipil Negara sesuai dengan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 Tentang Aparatur Sipil Negara.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian yuridis empiris yaitu untuk mengkaji peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia apakah realita di lapangan dapat berjalan sesuai dengan undang-undang. Adapun penelitian ini menggunakan pendekatan sosiologi hukum, teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan juga dokumentasi. Peneliti menggunakan triangulasi sumber dalam uji keabsahan data yang diperoleh.
Hasil Penelitian adalah: 1. Bahwa pelaksanaan penerapan sistem merit dalam manajemen Aparatur Sipil Negara di Pemerintah Kabupaten Pasuruan melihat dari Kualifikasi, Kompetensi, dan Kinerja setiap individu Pegawai Aparatur Sipil Negara. Pelaksanaan sistem merit di Pemerintah Kabupaten Pasuruan diawasi oleh Komisi Aparatur Sipil Negara. Penilaian sistem merit menggunakan aplikasi SIPINTER, sedangkan penilaian setiap individu Pegawai Aparatur Sipil Negara dinilai dari pusat langsung yaitu BKN dengan menggunakan aplikasi E-Kinerja. 2. Pemerintah Kabupaten Pasuruan dalam Pelaksanaan Penerapan sistem merit telah sesuai dengan Undang-Undang Aparatur Sipil Negara karena terbukti dengan perolehan penilaian sistem merit sebanyak 258 poin sehingga mendapat apresiasi penghargaan dari KASN dengan kategori Baik ditingkat Nasional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180103 Administrative Law
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180199 Law not elsewhere classified
Depositing User: Cicik Nurliyo Intan oktavia
Date Deposited: 11 Jul 2023 01:38
Last Modified: 11 Jul 2023 01:38
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26157

Actions (login required)

View Item View Item