KAJIAN HUKUM QISHÂSH DALAM QS. AL-BAQARAH AYAT 178-179 PERSPEKTIF MUSTHOFA UMAR DI KANAL YOUTUBE KAJIAN TAFSIR AL-MA’RIFAH

Idris, Rifqi Asmari Muhammad (2023) KAJIAN HUKUM QISHÂSH DALAM QS. AL-BAQARAH AYAT 178-179 PERSPEKTIF MUSTHOFA UMAR DI KANAL YOUTUBE KAJIAN TAFSIR AL-MA’RIFAH. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

This is the latest version of this item.

[img] Text
RIFQI ASMARI MUHAMMAD IDRIS_U20191094.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penafsiran ayat tentang qishâsh banyak di temui di media sosial. Salah satu mufasir yang kerap membagikan penafsirannya tentang qishâsh adalah Musthofa Umar dalam kanal YouTube yang bernama Kajian Tafsir Al-Ma’rifah. Ia membahas hukum qishâsh dalam surah Al-Baqarah ayat 178-179 dengan penafsirannya. Ia menafsirkan surah Al-Baqarah ayat 178-179 dengan sistematis, kemudian menjelaskan kata dengan mudah difahami oleh pendengar. Ia memberikan penafsiran hukum qishâsh agar dapat diterapkan, akan tetapi ia lebih menekankan untuk memberikan maaf terhadap korban agar Iman dapat menjadi penentu dalam bersaudara.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini antara lain : 1) Bagaimana penafsiran Musthofa Umar tentang hukum qishâsh dlam surah Al-Baqarah ayat 178-179 di Kanal Youtube Kajian Tafsir Al-Ma’rifah?. 2) Bagaimana ciri kelisanan Musthofa Umar tentang hukum qishâsh dalam surah Al-Baqarah ayat 178-179 di media sosial?. 3) Bagaimana relevansi penafsiran hukum qishâsh Musthofa Umar di masa sekarang?.
Tujuan dari penilitian ini adalah : 1) Untuk mendeskripsikan penafsiran dari Musthofa Umar tentang hukum qishâsh dalam surah Al-Baqarah ayat 178-179 di kanal YouTube Kajian Tafsir Al-Ma’rifah. 2) Untuk menganalisis ciri kelisanan Musthofa Umar tentang hukum qishâsh dalah surah Al-Baqarah ayat 178-179 di media sosial. 3) Untuk mengungkap relevansi penafsiran hukum qishâsh Musthofa Umar di masa sekarang.
Untuk menganalisis penelitian tersebut, penelitian ini menggunakan jenis penilitian kualitatif yang bersifat analisis deskriptif dengan menggunakan teori Walter J Ong sehingga dapat menemukan ciri kelisanan dan keaksaraan yang termasuk di dalam ceramah Musthofa Umar.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) Hukum qishâsh yang dijelaskan oleh Musthofa Umar adalah balasan yang setimpal yang harus ditegakkan akan tetapi hukuman tersebut akan gugur jika ahli waris dapat memberikan maaf terhadap korban, oleh sebab itu islam mengejarkan kepada ummat nya untuk menjauhi perbuatan balas dendam meskipun itu sangat berat dilakukan. 2) Ciri kelisanan yang terkandung dalam vidio Musthofa umar tentang qishâsh yaitu kerap memberikan contoh yang nampak dalam kehidupan sehari hari dan mengulang kalimat-kalimat yang dianggap penting untuk diingat dan difahami. 3) Hukum qishâsh di zaman sekarang masih layak dalam aktualisasi danaplikasinya, hanya saja dalam Islam pembalasan pembunuhan yang setimpal dikatakan qishâsh, dan dalam undang undang negara disebut hukuman mati terhadap pelaku pembunuhan.
Kata kunci : Qishâsh, Tafsir Lisan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Rifqi Asmari Muhammad Idris
Date Deposited: 14 Jul 2023 05:55
Last Modified: 14 Jul 2023 05:55
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26163

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item