POLA ASUH KAKEK NENEK DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN CUCU DI DESA SIDODADI KECAMATAN TEMPUREJO KABUPATEN JEMBER

Zaqiyah, riski ulfatus (2023) POLA ASUH KAKEK NENEK DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN CUCU DI DESA SIDODADI KECAMATAN TEMPUREJO KABUPATEN JEMBER. Undergraduate thesis, UIN Kiai Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Riski Ulfatus Zakiyah_D20163073.pdf

Download (2MB)

Abstract

Risqi Ulfatus Zakiyah, Muhammad Ali Makki, M. Si, 2023 : “Pola Asuh Kakek Nenek Dalam Meningkatkan Kemandirian Cucu Di Desa Sidodadi Kecamatan Tempurejo Kabupaten Jember”
Perkembangan seorang anak baik dari segi perkembangan fisik, motoric, psikomotorik, serta perkembangan kemandirian anak tentunya merupakan suatu yang dapat dibanggakan oleh orang tua. Pola asuh sendiri adalah salah satu metode yang berulang yang terkonsep secara keseharian dalam waktu yang lama yang digunakan dalam proses merawat serta menjaga bahkan mendidik seorang individu yang dalam penelitian ini adalah anak-anak. Pola asuh juga sebagai wujud dari keperdulian dan sebagai perwujudan rasa tanggung jawab orang tua terhadap anaknya yang dalam memerankan dan menjalankan pola asuhnya maka orang tua seharusnya memahami bagaimana karakteristik yang dimiliki anak tersebut karna dalam penanganannyasetiap karakter satu dengan lainnya adalah berbeda. Pada pola asuh dalam penelitian ini subjek menggunakan pola asuh demokratis, yakni pola asuh dengan cara kakek nenek memberikan kesempatan kepada anak untuk melakukan hal-hal yang ia inginkan, anak mampu melakukan sesuatu dari hal yang paling kecil anak juga mampu berinteraksi dengan baik di dalam lingkungan sosialnya.
Fokus masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pola asuh yang diterapkan kakek nenek dalam meningkatkan kemandirian anak di Desa Sidodadi Kecamatan Tempurejo Kebupaten Jember? 2) Apa faktor penyebab beralihnya pengasuhan anak dari orang tua kepada kakek nenek di Desa Sidodadi Kecamatan Tempurejo Kabupaten Jember? 3) Bagaimana bentuk kemandirian Pola Asuh Kakek Nenek Dalam Meningkatkan Kemandirian Cucu Di Desa Sidodadi Kecamatan Tempurejo Kabupaten Jember
Tujuan yang dimaksudnkan dalam penelitian ini yakni supaya bisa menjelaskan dan menganalisa mengenai bagaimanakah Pola Asuh Kakek-nenek Dalam Meningkatkan Kemandirian Pada Anak di Desa Sidodadi Kecamatan Tempurejo Kabupaten Jember.
Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang didukung dengan jenis penelitian field reseach (penelitian lapangan). Yang dimana penelitian ini merupakan penelitian yang dilakukan dengan cara observasi dan kunjungan secara langsung ke lokasi demi memperoleh data yang valid dan relevan.
Hasil penelitian menunjukan bahwasanya dalam proses pola asuh yang diterapkan oleh kakek atau nenek di Desa Sidodadi Sebagian besar dengan menggunakan pola asuh demokratis. Di desa sidodadi pola asuh yang di alihkan kepada kakek nenek terjadi karena adanya beberapa faktor yang mengakibatkan orantua tua merantau dan pengasuhan beralih kepada kakek neneknya yang seharusnya menjadi tanggung jawab orangtua. Perilaku kemandirian anak berdasarkan pola asuh demokratis anak mampu melalakukan segala sesuatu tanpa bantuan orang lain seperti bisa makan sendiri, sekolah bisa berangkat sendiri, bisa bersosialisasi dengan teman sebayanya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Risqi ulfa Zakiyah Zulfa
Date Deposited: 11 Jul 2023 03:16
Last Modified: 11 Jul 2023 03:16
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26165

Actions (login required)

View Item View Item