Pengembangan Media Herbarium Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 4 SD NU 12 Darun Najah Tamansari Wuluhan

Amalia, Rifka (2023) Pengembangan Media Herbarium Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 4 SD NU 12 Darun Najah Tamansari Wuluhan. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Rifka Amalia-T20194066_Skripsi.pdf

Download (6MB)

Abstract

Media pembelajaran mempunyai peran penting dalam proses belajar peserta didik, sebab adanya media dapat menjadikan peserta didik aktif dalam pembelajaran. Adanya kendala guru menjadikan sebuah media itu dibutuhkan, seperti belum menyesuaikan materi pembelajaran dengan pembuatan media, dan adanya kesulitan dalam pengaturan waktu. Dari kendala tersebut maka terjadi kurang aktifnya peserta didik dalam pembelajaran yang disampaikan oleh guru, sebab mereka merasa bosan dengan penjelasan yang disampaikan oleh guru, oleh karena itu maka dibutuhkanlah media herbarium tersebut.
Penelitian pengembangan media pembelajaran ini bertujuan untuk: 1. Mengetahui pengembangan media herbarium pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi bagian tumbuhan dan fungsinya kelas 4 SD NU 12 Darun Najah 2. Mengetahui kelayakan media herbarium pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi bagian tumbuhan dan fungsinya kelas 4 SD NU 12 Darun Najah.
Penelitian ini menggunakan Metode penelitian atau Research And Development (R&D), memiliki tujuan untuk mengembangkan sebuah produk dan Penelitian ini menggunakan model ADDIE, yang mana terdapat lima langkah yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, evaluasi.
Analisis kelayakan dibuktikan dengan hasil kevalidan yang berdasarkan pada hasil validasi para ahli, ahli yang digunakan analisis data ini adalah ahli media, ahli materi, dan ahli pembelajaran. Kelayakan media herbarium dalam pembelajaran IPA diketahui setelah dilakukan uji validasi, kelayakan dijadikan sebagai acuan sebelum me dia diujicobakan. Proses untuk mengetahui kelayakan adalah dengan uji validasi, uji validasi dilakukan oleh 4 validator, yaitu validasi media, validasi materi dan validasi pembelajaran. Rata-rata hasil presentasi validasi oleh 4 validator diperoleh nilai rata-rata 95% yang artinya media herbarium dikategorikan sangat valid atau layak digunakan. Kelayakan media herbarium melalui hasil uji coba pengguna dapat disimpulkan bahwa tingkat ketertarikan media melalui presentase kelas IV, dengan hasil uji coba pengguna kelompok kecil dan kelompok besar adalah 97% dan 98%, sehingga dengan presentase perbandingan ini maka media herbarium sudah memenuhi kriteria layak digunakan.
Kata Kunci: Pengembangan, Media Herbarium, Ilmu Pengetahuan Alam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0607 Plant Biology > 060703 Plant Developmental and Reproductive Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Rifka Amalia
Date Deposited: 11 Jul 2023 06:40
Last Modified: 11 Jul 2023 06:40
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26168

Actions (login required)

View Item View Item