KONSEP PENDIDIKAN ISLAM DALAM BUKU AL-FIKRU ANNAHDLIYAH KARYA KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ

MAULANA, M. IRSYAD (2023) KONSEP PENDIDIKAN ISLAM DALAM BUKU AL-FIKRU ANNAHDLIYAH KARYA KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
M. Irsyad Maulana_T20191491.pdf

Download (24MB)

Abstract

ABSTRAK

M. Irsyad Maulana, 2023:Konsep Pendidikan Islam dalam Buku Al-Fikru Annahdliyah Karya Kiai Haji Achmad Siddiq.

Kata kunci : Konsep Pendidikan, Agama Islam, Al-Fikru An-Nahdliyah, Kiai Haji Achmad Siddiq,

Kiai Haji Achmad Siddiq Memang dikenal dengan tokoh NU yang berpengaruh pada negara Indonesia, karena Kiai Haji Achmad Siddiq adalah ulama yang mempu meyakinkan umat muslim bahwa NU harus menerima asa tunggal pancasila, dengan kepiawaian Kiai Haji Achmad Siddiq menyampaikan dengan pikiran yang sangat jernih, namun disisi lain Kiai Haji Achmad Siddiq adalah seorang pendidik di pondok pesantrennya, namun dalam litelaturnya jarang sekali menyebutkan bahwa Kiai Haji Achmad Siddiq adalah tokoh pendidik.
Fokus Penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: Bagaimana 1)konsep dasar pendidikan Islam dalam buku Al-Fikru Annahdliyah karya Kiai Haji Achmad Siddiq? 2)Bagaimana tujuan pendidikan Islam dalam buku Al-Fikru Annahdliyah karya Kiai Haji Achmad Siddiq? 3)Bagaimana model pendididkan Islam dalam buku Al-Fikru Annahdliyah karya Kiai Haji Achmad Siddiq?
Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan konsep dasar, tujuan, dan model pendidikan Islam dalam buku Al-Fikru Annahdliyah Karya Kiai Haji Achmad Siddiq.
Jenis penelitian yang digunakan adalah kepustakaan, yang memusatkan serta membatasi kegiatannya pada kepustakaan untuk memperoleh data tanpa melakukan riset di lapangan. Maka sumber data yang diperoleh dengan menelusuri literatur-literatur data primer dan sekunder, yang berhubungan dengan masalah yang akan dikaji dalam penelitian, terutama tentang konsep pendidikan Islam menurut Kiai Haji Achmad Siddiq yang ada di buku Al-Fikruh Annahdliyah.
Penelitian ini sampai pada simpulan bahwa 1) Konsep dasar pendidikan Islam menurut Kiai Haji Achmad Siddiq; sumber ajaran Islam itu meliputi Al-Qur’an, Al-Hadist, Al-Ijtima,Al-Qiyas dan Berprinsip pada 6 bidang yaitu Akhlak, Aqidah, Syariah, Ekonomi, Politik kenegaraan, kebudayaan. 2)Tujuan pendidikan menurut Kiai Haji Achmad Siddiq yaitu pertama menjadi muslim yang berilmu agama Islam, kediua yakin akan kebenaran Islam, ketiga beramal menurut islam. 3) Model pendidikan Islam yang diterapkan oleh Kiai Haji Achmad Siddiq model pemberitahuan, peringatan, pendidikan, dan cara halus tanpa melukai hati yang bersangkutan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: M. Irsyad Maulana
Date Deposited: 11 Jul 2023 01:31
Last Modified: 11 Jul 2023 01:31
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26170

Actions (login required)

View Item View Item