Pengembangan ensiklopedia “hewan dalam al-qur’an” sebagai suplemen pembelajaran ipa smp/mts materi klasifikasi makhluk hidup terintegrasi sains-islam dan kearifan lokal

Nurlaili, Amaliya Islami (2023) Pengembangan ensiklopedia “hewan dalam al-qur’an” sebagai suplemen pembelajaran ipa smp/mts materi klasifikasi makhluk hidup terintegrasi sains-islam dan kearifan lokal. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI AMALIYA ISLAMI NURLAILI_T201910069_DIGILIB.pdf

Download (35MB)

Abstract

Penelitian ini mengembangkan suatu produk berupa bahan ajar yang dapat membantu peserta didik dalam menunjang pembelajaran klasifikasi makhluk hidup tingkat SMP/MTs. Produk yang dikembangkan berupa buku ensiklopedia. Ensiklopedia adalah buku yang berisi informasi mengenai pengetahuan yang disusun secara alfabetis. Produk ensiklopedia berisi integrasi antara sains, islam, dan kearifan lokal. Pengintegrasian antara sains, islam, dan kearifan lokal dapat tersalurkan kepada peserta didik dengan tujuan untuk memperkaya cakrawala pendidikan. Pengembangan ensiklopedia ini diharapkan dapat menjadi suplemen pembelajaran peserta didik. Buku suplemen pembelajaran bertujuan untuk mendampingi buku ajar utama dan mengoptimalkan kegiatan pembelajaran bagi peserta didik.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu (1) Bagaiamana validitas ensiklopedia “Hewan dalam Al-Qur’an” Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Terintegrasi Sains-Islam dan Kearifan Lokal. (2) Bagaimana respons peserta didik melalui ensiklopedia “Hewan dalam Al-Qur’an” Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Terintegrasi Sains-Islam dan Kearifan Lokal. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan kevalidan ensiklopedia “Hewan dalam Al-Qur’an” Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Terintegrasi Sains-Islam dan Kearifan. (2) Mendeskripsikan respons peserta didik terhadap ensiklopedia “Hewan dalam Al-Qur’an” Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Terintegrasi Sains-Islam dan Kearifan Lokal.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan model yang dikemukakan oleh Richey dan Klein yaitu PPE (Planning, Production, and Evaluation). Validasi ensiklopedia dilakukan oleh ahli Al-Qur’an dan tafsir, ahli materi, ahli bahan ajar, ahli kearifan lokal/etnosains, dan ahli praktisi. Uji respons produk dilakukan dengan uji skala kecil terhadap 6 orang peserta didik dan uji respons skala besar terhadap 54 orang peserta didik.
Hasil penelitian ini didapatkan rata-rata persentase uji validasi dengan memperoleh nilai 96% oleh ahli Al-Qur’an dan tafsir dengan kategori “sangat valid”, ahli materi 89% dengan kategori “sangat valid”, ahli bahan ajar 91% dengan kategori “sangat valid”, ahli kearifan lokal/etnosains 92% dengan kategori “sangat valid”, dan ahli praktisi memperoleh nilai 96% dengan kategori “sangat valid”. Hasil uji respons peserta didik pada skala kecil memperoleh nilai 89,55% dengan kategori “sangat menarik” dan pada uji respons skala besar memperoleh nilai 90,40% dengan kategori “sangat menarik”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ensiklopedia ini layak untuk digunakan sebagai buku penunjang.

Kata Kunci: Pengembangan Ensiklopedia, Suplemen Pembelajaran, Terintegrasi Sains-Islam dan Kearifan Lokal

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0603 Evolutionary Biology > 060301 Animal Systematics and Taxonomy
06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0608 Zoology > 060801 Animal Behaviour
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Amaliya Islami Nurlaili
Date Deposited: 11 Jul 2023 02:52
Last Modified: 11 Jul 2023 02:52
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26174

Actions (login required)

View Item View Item