PENGUATAN PAHAM AHLUSSUNNAH WAL JAMA’AH AN-NAHDLIYYAH MELALUI BUKU PANDUAN AMALIYAH DAN AQIDAH PADA SISWA KELAS XI DI MA WAHID HASYIM BALUNG TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Moh. Rifqi, Zainal (2023) PENGUATAN PAHAM AHLUSSUNNAH WAL JAMA’AH AN-NAHDLIYYAH MELALUI BUKU PANDUAN AMALIYAH DAN AQIDAH PADA SISWA KELAS XI DI MA WAHID HASYIM BALUNG TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
MOH. RIFQI ZAINAL HAQ_T20191429.pdf

Download (4MB)

Abstract

Madrasah Aliyah Wahid Hasyim Balung kabupaten Jember, Profinsi Jawa Timur adalah salah satu lembaga pendidikan islam yang berada di dalam naungan Yayasan Abdul Wahid Hasyim yang mengikuti paham Islam ala Ahlussunnah wal Jamaah an-Nadhliyah. Hal ini yang melatar belakangi siswa-siswi yang bersekolah di madrasah ini di perkenalkan atau bahkan sebagai penguatan paham ahlussunnah wal jamaah ala Nahdhatul Ulama yang diselipkan di berbagai mata pelajaran keagamaan di sekolah menggunakan sebuah buku karya tulis yayasan yang berjudul “Panduan Amaliyah dan Aqidah”.
Penelitian ini memiliki fokus penelitian sebagai berikut : 1) Bagaimana penggunaan buku amaliyah dan aqidah dalam penguatan paham Ahlussunnah wal Jamaah an-Nadhliyah pada siswa kelas XI di MA Wahid Hasyim Balung tahun pelajaran 2022/2023? 2) Bagaimana penilaian penguatan paham Ahlussunnah wal Jamaah an-Nadhliyah melalui buku panduan amaliyah dan aqidah pada siswa kelas XI di MA Wahid Hasyim Balung tahun pelajaran 2022/2023?
Pendekatan pada penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Penentuan subyek pada penelitian ini meliputi : kepala madrasah, wakil kepala madrasah bidang hubungan mayarakat, penulis buku panduan amaliyah dan aqidah, para guru mata pelajaran keagamaan, siswa-siswi kelas XI ICP. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu model interaktif dari Miles, Huberman dan Saldana.
Hasil penelitian Penguatan Paham Ahlussunnah wal Jamaah an-Nadhliyah melalui Buku Panduan Amaliyah dan Aqidah pada Siswa Kelas XI di MA Wahid Hasyim Balung menunjukkan bahwa : 1) pelaksanaan penguatan paham ahlussunnah wal jamaah an-nadhliyah melalui buku panduan amaliyah dan aqidah yang dilakukan madrasah yaitu dengan menyelipkan pada beberapa mata pelajaran, ujian keagamaan dimana materi yang diujikan sudah ada dalam buku panduan amaliyah dan aqidah, serta amaliyah-amaliyah yang diterapkan kepada siswa-siswi di lingkungan sekolah. 2) penilaian yang dilakukan madrasah yang menggunakan dua cara yaitu penilaian harian dan penilaian semester, buku panduan amaliyah dan aqidah ini juga digunakan dalam penilaian yang dilakukan madrasah dimana sudah tersedia kolom penilaian bagi siswa-siswi didalamnya dengan tanda tangan guru pengajar sebagai bukti penilaian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Moh. Rifqi Zainal Haq
Date Deposited: 11 Jul 2023 02:32
Last Modified: 11 Jul 2023 02:32
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26175

Actions (login required)

View Item View Item