Penerapan Pembelajaran Bahasa Reseptif Melalui Permainan Bisik Berantai Pada Anak Kelompok A Di RA Riyadlul Qori’in Jember Tahun Ajaran 2021/2022

Hermita, Rizky Amalia (2023) Penerapan Pembelajaran Bahasa Reseptif Melalui Permainan Bisik Berantai Pada Anak Kelompok A Di RA Riyadlul Qori’in Jember Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Rizky Amalia Hermita T20185081 PIAUD.pdf

Download (63MB)

Abstract

Kata Kunci : Bahasa Reseptif, Permainan Bisik Berantai, Kelompok A, RA Riyadlul Qori’in.

Bahasa reseptif merupakan kemampuan anak untuk menerima informasi bahasa baik bahasa verbal maupun bahasa non verbal, dalam menstimulasi bahasa reseptif khususnya bahasa verbal anak kelompok A, di RA Riyadlul Qori’in Jember menggunakan cara bermain bisik berantai yang mana kata yang dibisikan memuat tema dalam pembelajaran. Bermain Bisik berantai salah satu permainan yang dapat mengasah bahasa reseptif dengan cara menyimak bisikan teman secara fokus sehingga membuat anak mengingat kata yang dibisikkan dan dapat membisikkan kembali kata tersebut ke teman lainnya.
Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana langkah-langkah Penerapan Pembelajaran bahasa reseptif melalui permainan bisik berantai pada anak kelompok A di RA. Riyadlul Qori’in Jember tahun Ajaran 2021-2022? 2) Bagaimana Penerapan Pembelajaran bahasa reseptif dengan bermain bisik berantai pada anak kelompok A di RA. Riyadlul Qori’in Jember tahun Ajaran 2021-2022?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan langkah-langkah Penerapan Pembelajaran bahasa reseptif melalui permainan bisik berantai pada anak kelompok A di RA. Riyadlul Qori’in Jember tahun Ajaran 2021-2022. 2) Untuk mendeskripsikan Penerapan Pembelajaran bahasa reseptif melalui permainan bisik berantai pada anak kelompok A di RA. Riyadlul Qori’in Jember tahun Ajaran 2021-2022.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian ini menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode.
Dapat disimpulkan bahwa 1) Langkah-langkah Penerapan Pembelajaran bahasa reseptif melalui permainan bisik berantai pada anak kelompok A adalah yang pertama menyiapkan RPPH sesuai dengan tema, yang kedua menyiapkan media, dan yang ketiga menyiapkan cara bermain. 2) Penerapan Pembelajaran bahasa reseptif melalui permainan bisik berantai pada anak kelompok A yaitu ada 3 strategi yang diterapkan, strategi pertama menjelaskan materi yang disampaikan secara berdiskusi sesuai temanya, yang kedua menggunakan konsep 1 kata, 2 kata dan 3 kata, strategi yang ketiga menggunakan bisikan maksimal 3 kali pengulangan dan menjadi bahan evaluasi guru dalam meningkatkan perkembangan anak tersebut dari segi bahasa reseptif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Rizky Amalia Hermita
Date Deposited: 11 Jul 2023 03:26
Last Modified: 11 Jul 2023 03:26
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26178

Actions (login required)

View Item View Item