Praktik ruqyah dalam masyarakat muslim di semboro (studi kasus pelaku ruqyah syar'iyyah di rumah sehat syifa'ul qur'an semboro)

Fawarid, Mughni (2023) Praktik ruqyah dalam masyarakat muslim di semboro (studi kasus pelaku ruqyah syar'iyyah di rumah sehat syifa'ul qur'an semboro). Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
watermark.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK

Mughni Fawarid, 2023 :Praktek Ruqyah Dalam Masyarakat Muslim di Semboro (Studi Kasus Pelaku Ruqyah Syar’iyah di Rumah Sehat Syifa’ul Qur’an Semboro ).
Kata Kunci: Ruqyah Syar’iyah, Masyarakat Muslim,
Ruqyah merupakan salah satu bentuk layanan kesehatan atau juga di sebut sebagai pengobatan alternatif atau penyembuhan alternatif. Para aktivis Ruqyah membagi ruqyah sendiri ke dalam dua bentuk yaitu ruqyah syar’iyah dan ruqyah syirkiyyah. Pertama, ruqyah syari’yyah merupakan bentuk pengobatan melalui metode pembacaan ayat-ayat Al-Qur’an dan dihembuskan kepada pasien sesuai dengan tuntunan Rasulullah SAW. Kedua. Ruqyah Syirkiyyah merupakan pengobatan dengan metode hembusan menggunakan bacaan-bacaan yang tidak dianjurkan dalam agama Islam dan tidak sesuai dengan tuntuna Rasulullah SAW dan para sahabat, sehingga ruqyah jenis ini membawa pada kesyirikan, karena meyakini pertolongan selain kepada Allah.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana praktek pelaksanaan ruqyah bagi masyarakat muslim di Semboro ? 2)Apa saja ayat-ayat Al-Qur’an yang digunakan dalam ruqyah ? 3)Bagaimana orang yang di ruqyah dan pelaku ruqyah memaknai ruqyah ?Tujuan penelitian ini adalah: 1) Memahami praktek pelaksanaan ruqyah bagi masyarakat muslim di Semboro 2) Mengetahui apa saja ayat-ayat Al-Qur’an yang digunakan dalam praktek ruqyah di Semboro 3) Mengetahui makna ruqyah menurut pelaku ruqyah dan orang yang diruqyah
Dalam penelitian ini penulis menggunakan penelitian Lapangan (Field Reaserch) dan penelitian kepustakaan (Library Research). Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara observasi dan dokumentasi. Dengan menggunakan analisis data deskriptif kualitatif.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) Proses pelaksanaan ruqyah di Rumah Sehat Syifa’ul Qur’an sesuai dengan syariat Islam dan tidak bertentangan dengan syariat Islam. 2) Semua ayat-ayat di dalam Al-Qur’an sebenarnya bisa digunakan untu meruqyah, akan tetapi ada beberapa ayat tertentu yang digunakan untuk meruqyah, biasanya sebelum memulai ruqyah membaca ta’awudz terlebih dahulu, kemudian penggunaan ayat Al-Qur’an 3) Pendapat muallij dan muallij alaih mengenai makna ruqyah memiliki beberapa sedikit perbedaan berdasarkan pendapat masing-masing, di antaranya muallij (peruqyah) berpendapat mengenai ruqyah yakni berdasarkan pengalaman yang sudah ditekuni sebagai peruqyah (muallij) sehingga penjelasan beliau dapat diterima secara umum.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Ms Mughni Fawarid
Date Deposited: 11 Jul 2023 06:29
Last Modified: 11 Jul 2023 06:29
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26184

Actions (login required)

View Item View Item