Pengembangan media pembelajaran booklet materi IPA tema panas dan perpindahannya untuk siswa kelas V SD/MI

Zakia, Ayu Putri (2023) Pengembangan media pembelajaran booklet materi IPA tema panas dan perpindahannya untuk siswa kelas V SD/MI. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ayu Putri Zakia_T201610024.pdf

Download (7MB)

Abstract

Ayu Putri Zakia, 2023: Pengembangan Media Pembelajaran Booklet Materi IPA TEMA Panas dan Perpindahannya untuk Siswa Kelas V SD/MI.
Kata kunci: pengembangan, booklet, Ilmu Pengetahuan Alam

Penelitian ini dilakukan karena rendahnya minat belajar siswa terhadap pelajaran IPA kelas V MI Nahrul Muhith Kec. Tanggul. Siswa beranggapan bahwa belajar IPA itu sulit, hal ini terungkap dari hasil observasi dengan peserta didik, dikarenakan fasilitas sekolah yang kurang memadai dan bahan ajar yang minim, hanya berupa buku paket. Sekolah tersebut merupakan sekolah swasta yang dikelola oleh yayasan, di mana siswa tidak menggunakan teknologi untuk mencari informasi mengenai materi pembelajaran. Sehingga, siswa hanya mendapatkan informasi dari buku paket dan materi yang disampaikan oleh guru.

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui validitas media pembelajaran booklet pada materi panas dan perpindahannya untuk siswa kelas V di SD/MI serta untuk (2) mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran booklet pada materi panas dan perpindahannya untuk siswa kelas V di SD/MI.

Tipe yang diterapkan penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan. Metode pengembangan yang diterapkan adalah model 4D yang diadaptasi dari Sivasailam Thiangarajan, Dorothy S.Semmel, dan Melvyn I. Semmel (1974) yang telah dimodifikasi menjadi 3D yang terdiri dari empat fase, yaitu Pendefinisian, Perancangan, Pengembangan, dan Penyebaran.

Hasil dari (1) validasi ahli materi menunjukkan hasil dengan persentase 96% dan dikategorikan sangat valid. Penilaian dari ahli media memperoleh persentase 97,77% dengan kategori sangat valid. (2) Uji coba skala kecil pada tanggapan siswa memperoleh persentase 92,95% dengan kategori sangat menarik, sedangkan uji coba skala besar memperoleh persentase 94,24% dengan kategori sangat menarik. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa booklet berbasis media pembelajaran IPA yang berfokus pada panas dan perpindahannya sangat baik dan layak digunakan sebagai media pembelajaran IPA untuk kelas V SD/MI.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 02 PHYSICAL SCIENCES > 0299 Other Physical Sciences > 029902 Complex Physical Systems
02 PHYSICAL SCIENCES > 0299 Other Physical Sciences > 029999 Physical Sciences not elsewhere classified
05 ENVIRONMENTAL SCIENCES > 0599 other environmental sciences > 059999 Environmental Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Ayu Putri Zakia
Date Deposited: 11 Jul 2023 04:05
Last Modified: 11 Jul 2023 04:05
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26186

Actions (login required)

View Item View Item