Peran Ekstrakurikuler Klub Matematika Dalam Mencetak Delegasi Olimpiade Matematika Di Madrasah Ibtidaiyah Ar-Roudhoh Jember

Nikmatur, Rofiqoh (2023) Peran Ekstrakurikuler Klub Matematika Dalam Mencetak Delegasi Olimpiade Matematika Di Madrasah Ibtidaiyah Ar-Roudhoh Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
NIKMATUR ROFIQOH T20164044.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kata kunci : ekstrakurikuler klub matematika, delegasi olimpiade matematika.

Ekstrakurikuler Klub Matematika merupakan salah satu kegiatan ekstra di MI Ar-Roudhoh, di tahun 2021-2022 terdapat 10 Siswa yang terekrut dalam ekstra Klub Matematika. Siswa ini mendapatkan pembinaan untuk mempersiapkan ajang Olimpiade Matematika dengan tingkat kejuaran yang berbeda-beda. Diantaranya adalah Olimpiade tingkat regional ( Per kecamatan – Kabupaten ) hingga Nasional (Antar Propinsi ).
Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana proses rekrutmen anggota ekstrakurikuler Klub Matematika di MI Ar-Roudhoh? 2) Bagaimana proses pembelajaran ekstrakurikuler Klub Matematika di MI Ar-Roudhoh? 3) Bagaimana proses pendelegasian peserta olimpiade matematika tingkat nasional di MI Ar-Roudhoh?
Tujuan penelitian ini adalah 1) Mendiskripsikan proses rekrutmen anggota ekstrakurikuler Klub Matematika di MI Ar-Roudhoh, 2) Proses pembelajaran ekstrakurikuler klub matematika di MI Ar-Roudhoh, 3) Proses pendelegasian peserta olimpiade matematika di MI Ar-Roudhoh.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan menggunakan jenis penelitian studi lapangan (field research). Penelitian ini dilaksanakan di MI Ar-Roudhoh Jember. Penentuan informan menggunakan teknik Purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipan aktif, wawancara semi struktur dan dokumetasi. Adapun teknis analisis data menggunakan kondensasi data (data condensation), menyajikan data (data display), dan menarik simpulan atau verifikasi (conclusing drawing and verifikation). Sedangkan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Adapun hasil penelitian ini adalah 1) Proses rekrutmen anggota ekstrakurikuler Klub Matematika yaitu: a) MI Ar - Roudhoh melakukan penyeleksian pembina, pendamping dan Guru Kelas yang profesional. b) Bekerja sama dengan wali kelas. c) Pembagian Gform. d) Sistem test kemampuan. e) Pemberian motivasi. ; 2) Proses pembelajaran ekstrakurikuler klub matematika yaitu: a) Pelaksanaan seminggu sekali, dapat berubah apabila sedang mempersiapkan peserta didiknya dalam mengikuti ajang perlombaan b) Proses pembelajaran seperti hal nya kelas formal materi sesuai pedoman kurikulum, dan pedoman KPM sebagai referensi tambahan. c) Pengajaran menggunakan model dan metode yang variatif. d) Evaluasi yang digunakan yakni sumatif dan formatif. ; 3) Proses pendelegasian peserta olimpiade matematika yaitu: a) MI Ar-Roudhoh melakukan rekomendasi kepada peserta didik yang memiliki pengalaman dan kemampuan dalam ajang perlombaan. b) Pembina melakukan seleksi kepada peserta didik yang berminat mengikuti ajang perlombaan. (c) Bekerjasama dengan orang tua.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0102 Applied Mathematics > 010204 Dynamical Systems in Applications
01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0102 Applied Mathematics > 010207 Theoretical and Applied Mechanics
01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0102 Applied Mathematics > 010299 Applied Mathematics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nikmatur Rofiqoh
Date Deposited: 11 Jul 2023 02:16
Last Modified: 11 Jul 2023 02:16
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26187

Actions (login required)

View Item View Item