DINAMIKA PEREMPUAN DALAM TAREKAT TIJANIYAH (STUDI LIVING QUR’AN TERHADAP PENGAMALAN TAREKAT TIJANIYAH DI KALANGAN PEREMPUAN DESA BLADO WETAN, PROBOLINGGO)

uinkhasjember, Isnaini (2023) DINAMIKA PEREMPUAN DALAM TAREKAT TIJANIYAH (STUDI LIVING QUR’AN TERHADAP PENGAMALAN TAREKAT TIJANIYAH DI KALANGAN PEREMPUAN DESA BLADO WETAN, PROBOLINGGO). Undergraduate thesis, UIN Kiai Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI FIX ISNAINI.pdf

Download (79MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang dinamika perempuan dalam Tarekat Tijaniyah yang ada di Desa Blado Wetan, Probolinggo. Tarekat Tijaniyah merupakan Tarekat yang didirikan oleh Syaikh Ahmad At-Tijaniyah yang berisi bacaan dzikir atau wirid dimana bacaan-bacaan tersebut berlandaskan al-Qur’an.
Skripsi ini menjawab tiga permasalahan, yaitu: 1) Bagaimana pengamalan Tarekat Tijaniyah di kalangan perempuan Desa Blado Wetan?, 2) Faktor apa saja yang menjadi alasan kaum perempuan Desa Blado Wetan mengamalkan Tarekat Tijaniyah?, 3) Bagaimana implikasi perempuan dalam Tarekat Tijaniyah di Desa Blado Wetan?. Dengan tujuan penelitian yakni: 1) Mendeskripsikan pengamalan Tarekat Tijaniyah di kalangan perempuan Desa Blado Wetan, 2) Mendeskripsikan faktor-faktor yang menjadi alasan kaum perempuan Desa Blado Wetan mengamalkan Tarekat Tijaniyah, 3) Menganalisis bagaimana implikasi perempuan dalam Tarekat Tijaniyah di Desa Blado Wetan.
Penelitian ini menggunakan field research dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Metode Penelitian kualitatif sering disebut metode Penelitian naturalistik karena Penelitiannya dilakukan pada kondisi alamiah. Dalam hal ini Peneliti mencoba mengamati secara langsung mengenai dinamika perempuan dalam Tarekat Tijaniyah di Desa Blado Wetan, guna mendapatkan informasi yang sebenar-benarnya tanpa adanya prakonsepsi.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan diantaranya: 1) Bahwa dalam Tarekat Tijaniyah terdapat beberapa wirid yang harus diamalkan, diantaranya ada wirid laazim yang wajib dibaca dua kali dalam satu hari yakni pagi dan sore. Wirid wadzifah dibaca satu kali dalam satu hari dan hailalah dibaca satu kali dalam satu minggu setiap hari Jum’at setelah solat ashar. 2) Adapun faktor yang menjadi alasan kaum perempuan di Blado Wetan mengamalkan Tarekat Tijaniyah yakni faktor spiritual, faktor cinta dan faktor keluarga. 3) Implikasi perempuan dalam Tarekat Tijaniyah dapat dilihat dari banyaknya peran perempuan dalam kehidupan. Khususnya perempuan yang mengamalkan Tarekat Tijaniyah. Seperti hal nya Nyai Dzalifah yang merupakan muqoddam Tarekat Tijaniyah di Blado Wetan yang kewajibannya lebih banyak dari para muridnya. Nyai Dzalifah harus menuntun muridnya, menjadi tauladan bagi muridnya dan mendengar keluh kesah para muridnya. Sama hal nya dengan para muridnya juga memiliki tugas dan kewajiban yang tidak sedikit. Para perempuan Desa Blado Wetan ini mampu menyeimbangkan kewajiban terhadap keluarga maupun Tarekat Tijaniyah serta dapat mengatur waktu dengan baik, sehingga tidak lalai dalam mengamalkan Tarekat Tijaniyah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1699 Other Studies in Human Society > 169901 Gender Specific Studies
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Ms ISNAINI IAT
Date Deposited: 11 Jul 2023 07:13
Last Modified: 11 Jul 2023 07:13
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26191

Actions (login required)

View Item View Item