Pengembangan modul matematika berbasis pendekatan Science, Technology, Engineering, Arts and Mathematics (STEAM) pada materi trigonometri untuk tingkat SMA/sederajat

Aini, Khumaidatul (2023) Pengembangan modul matematika berbasis pendekatan Science, Technology, Engineering, Arts and Mathematics (STEAM) pada materi trigonometri untuk tingkat SMA/sederajat. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (Pengembangan Modul Matematika)
KHUMAIDATUL AINI _ T20167005.pdf

Download (27MB)

Abstract

Salah satu komponen penting yang mendukung keberhasilan siswa dalam belajar di sekolah yaitu bahan ajar. Jenis bahan ajar salah satunya adalah modul. Modul merupakan sebuah bahan ajar yang bertujuan membuat peserta didik belajar secara mandiri tanpa atau dengan bimbingan pendidik. Diantara mata pelajaran di sekolah yang dapat menggunakan bahan ajar modul adalah mata pelajaran matematika. Mengingat pentingnya matematika dalam pendidikan dan juga kehidupan, perlu adanya pemahaman yang kuat tentang makna dari matematika itu sendiri. Salah satu materi dalam matematika yang terlihat sangat abstrak, namun banyak berkaitan dengan ilmu lain dan digunakan dalam kehidupan nyata adalah trigonometri. Berdasarkan observasi dan hasil analisis kebutuhan diperoleh bahwa peserta didik membutuhkan pengembangan bahan ajar berupa modul matematika berbasis pendekatan Science, Technology, Engineering, Arts and Mathematics (STEAM) pada materi trigonometri untuk tingkat SMA/Sederajat.Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk pengembangan, mendeskripsikan proses pengembangan dan validasi dari modul matematika berbasis pendekatan science, technology, engineering, arts and mathematics (STEAM) pada materi trigonometri untuk tingkat SMA/Sederajat yang dapat digunakan sebagai salah satu bahan ajar pembelajaran matematika.

Penelitian yang dilakukan menggunakan jenis penelitian dan pengembangan (R&D) level 1 dan dikembangkan dengan model Plomp yang dimodifikasi menjadi 4 tahap antara lain : fase investigasi/pengkajian awal, fase desain/perancangan, fase realisasi/konstruksi, dan fase tes, evaluasi dan revisi. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, dokumentasi, dan angket. Sedangkan untuk teknik analisis data pada penelitian ini adalah teknik analisis data kevalidan menggunakan instrumen lembar validasi ahli materi, desain, dan bahasa.

Berdasarkan dari hasil analisis data validasi modul matematika yang dilakukan diperoleh rata-rata persentase pencapaian nilai pada validasi tahap I sebesar 88,63% dan rata-rata persentase pencapaian nilai pada validasi tahap II adalah 88,45%, sehingga diperoleh nilai rata-rata persentase pencapaian nilai secara keseluruhan adalah 88,54% dengan tingkat validitas “sangat valid”. Dengan demikian, modul matematika hasil pengembangan dapat digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran matematika di sekolah ataupun dilanjutkan dengan penelitian mengenai keefektifan dari produk tersebut.

Kata Kunci: Modul matematika; Pendekatan STEAM; Trigonometri

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Modul matematika; Pendekatan STEAM; Trigonometri
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130306 Educational Technology and Computing
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mrs Khumaidatul Aini
Date Deposited: 11 Jul 2023 01:37
Last Modified: 11 Jul 2023 01:37
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26192

Actions (login required)

View Item View Item