Analisis Transparansi, Akuntabilitas, Dan Responsibilitas Dalam Keuangan Dana Desa (Studi Kasus Pada Desa Karang Paiton Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember Tahun 2022/2023)

Anggraeni, Novi (2023) Analisis Transparansi, Akuntabilitas, Dan Responsibilitas Dalam Keuangan Dana Desa (Studi Kasus Pada Desa Karang Paiton Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember Tahun 2022/2023). Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Skripsi Novi Anggraeni.pdf

Download (3MB)

Abstract

Novi Anggraeni, Dr. H. Fauzan, S.Pd., M.Si., 2023: Analisis Transparansi, Akuntabilitas, Dan Responsibilitas Dalam Keuangan Dana Desa (Studi Kasus Pada Desa Karang Paiton Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember Tahun 2022/2023).
Dana Desa adalah dana yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara yang diperuntukkan bagi Desa yang ditransfer melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten/Kota dan digunakan untuk membiayai penyelenggaraan pemerintah, pelaksanaan pembangunan, pembinaan kemasyarakatan, dan pemberdayaan masyarakat.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana pemahaman dan penerapan transparansi, akuntabilitas, dan responsibilitas dalam keuangan dana desa di Desa Karang Paiton Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember Tahun 2022/2023? 2) Bagaimana pengelolaan keuangan dana desa di Desa Karang Paiton Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember Tahun 2022/2023?
Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui mengenai pemahaman dan penerapan transparansi, akuntabilitas, dan responsibilitas dalam keuangan dana desa di Desa Karang Paiton Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember Tahun 2022/2023. 2) untuk mengetahui mengenai pengelolaan keuangan dana desa di Desa Karang Paiton Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember 2022/2023.
Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Adapun Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini pengumpulan data (data collection), reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (conclusion). Teknik keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) Pemahaman dan penerapan transparansi, akuntabilitas, dan responsibilitas dalam keuangan dana desa di desa Karang Paiton sudah bisa dikatakan cukup baik, meskipun masih ada permasalahan atau kendala yang terjadi di lapangan. 2) Pengelolaan dana desa di desa Karang Paiton sudah cukup baik meskipun terdapat salah satu asas dalam pengelolaan keuangan desa yang belum sesuai.
Kata Kunci: Transparansi, Akuntabilitas, Responsibilitas, Dana Desa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150114 Corporate Social Responsibility
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Mrs Novi Anggraeni
Date Deposited: 11 Jul 2023 01:32
Last Modified: 11 Jul 2023 01:32
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26194

Actions (login required)

View Item View Item