Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur'an Melalui Buku Panduan Iqro’ di TPQ Al-Karimah Kaliwates Jember

Hidayat, Muhammad Shuhufi (2023) Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur'an Melalui Buku Panduan Iqro’ di TPQ Al-Karimah Kaliwates Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Muhammad Shuhufi Hidayat_T20191111.pdf

Download (3MB)

Abstract

Muhammad Shuhufi Hidayat, 2023: Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Melalui Buku Panduan Iqro’ di TPQ Al-Karimah Kaliwates Jember.

Kata kunci: Kemampuan Membaca Al-Qur’an, Buku Panduan Iqro’

Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa masih banyak anak didik belum bisa membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar. Maka, perlu adanya upaya dalam meningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an. Salah satu upaya peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an di TPQ Al-Karimah yakni menggunakan buku panduan Iqro.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana upaya peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an melalui buku panduan Iqro’ di TPQ Al-Karimah Kaliwates Jember? 2) Apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat yang mempengaruhi kemampuan membaca Al-Qur’an melalui buku panduan Iqro’ di TPQ Al-Karimah Kaliwates Jember?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui upaya peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an melalui buku panduan Iqro’ di TPQ Al-Karimah Kaliwates Jember. 2) Mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat yang mempengaruhi kemampuan membaca Al-Qur’an melalui buku panduan Iqro’ di TPQ Al-Karimah Kaliwates Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif dan penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan model Milles, Huberman, dan Saldana yakni kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pada uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini adalah: 1) Buku panduan Iqro’ mampu meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di TPQ Al-Karimah Kaliwates Jember. 2) Terdapat faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi kemampuan membaca Al-Qur’an di TPQ Al-Karimah Kaliwates Jember. Faktor-faktor yang mendukung diantaranya (a) adanya buku Iqro’ yang memudahkan dengan adanya petunjuk mengajar dari jilid satu sampai enam, (b) kemudian partisipasi santri, (c) terdapat event-event yang menarik di acara peringatan hari besar, (d) pemberian riwerd bagi santri yang berprestasi sedangkan faktor penghambatnya yaitu (a) kurangnya motivasi dan dorongan orang tua, (b) banyaknya santri dibandingkan pengajar, (c) kurangnya minat, (d) santri datang terlambat, (e) kurangnya kesiapan santri dalam menerima pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 12 BUILT ENVIRONMENT AND DESIGN > 1203 Design Practice and Management > 120302 Design Innovation
12 BUILT ENVIRONMENT AND DESIGN > 1203 Design Practice and Management > 120304 Digital and Interaction Design
12 BUILT ENVIRONMENT AND DESIGN > 1203 Design Practice and Management > 120307 Visual Communication Design (incl. Graphic Design)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Shuhufi Hidayat
Date Deposited: 11 Jul 2023 03:18
Last Modified: 11 Jul 2023 03:18
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26195

Actions (login required)

View Item View Item