PERALIHAN METODE QIROATI KE METODE DIROSATI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS MEMBACA AL-QUR’AN SANTRI DI TPQ BAITUL MUTTAQIEN KALIWINING RAMBIPUJI

Rohmah, Alif Istiadatir (2023) PERALIHAN METODE QIROATI KE METODE DIROSATI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS MEMBACA AL-QUR’AN SANTRI DI TPQ BAITUL MUTTAQIEN KALIWINING RAMBIPUJI. Undergraduate thesis, UIN KIYAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Skripsi Alif deadline.pdf

Download (3MB)

Abstract

Dalam menciptakan proses pembelajaran yang menarik, senang dan mempercepat pemahaman anak maka diperlukan metode pembelajaran. Maka dari itu metode pembelajaran yang tidak sesuai perlu diubah dengan metode yang tepat dalam pembelajaran. Salah satu lembaga yang melakukan perubahan dalam metode pembelajaran adalah TPQ Baitul Muttaqien. Metode yang diterapkan sebelumnya adalah metode Qiroati yang kemudian diubah ke metode Dirosati.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimanakah kemampuan membaca Al-Qur’an santri ketika menggunakan metode Qiroati dan beralih menggunakan metode Dirosati dalam meningkatkan kualitas membaca Al-Qur’an santri di TPQ Baitul Muttaqien kaliwining Rambipuji?. 2) Bagaimanakah perbedaan metode Qiroati ke metode Dirosati dalam meningkatkan kualitas membaca Al-Qur’an santri di TPQ Baitul Muttaqien Kaliwining Rambipuji? Tujuan penelitian ini adalah: 1)mendeskripsikan bagaimana kemampuan membaca Al-Qur’an santri ketika menggunakan metode Qiroati dan beralih ke metode Dirosati dalam meningkatkan kualitas membaca Al-Qur’an santri di TPQ Baitul Muttaqien Kaliwining Rambipuji. 2) mendeskripsikan perbedaan metode Qiroati ke metode Dirosati dalam meningkatkan kualitas membaca Al-Qur’an santri di TPQ Baitul Muttaqien Kaliwining Rambipuji. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Penelitian ini sampai pada kesimpulan bahwa 1) kemampuan membaca Al-Qur’an santri ketika menggunakan metode Qiroati di TPQ Baitul Muttaqien ini santri merasa kesulitan karena saat membaca santri dihimbau membuka mulut selebar 3 jari, Sementara stok jilid yang diberikan kepada santri terbatas. ketika menggunakan metode Dirosati di TPQ Baitul Muttaqien banyak kemudahan karena setiap jilidnya terdapat CAMAR (latihan menulis Arab) jadi mulai jilid 1-6 itu ada tingkatannya sendiri cara menulisnya. Kemudian pada metode Dirosati ini juga terdapat tajwid yang di lantukan dengan menggunakan nadhoman yang diterapkan pada jilid 4-6. Tujuannya yakni untuk memudahkan hafalan santri sebelum menginjak ke tahap Al-Qur’an. 2)perbedaan keduanya yaitu penggunaan metode Qiroati yang membuat santri kurang semangat karena pembelajaran yang dilakukan setiap harinya tidak ada hiburan. Lain halnya dengan penggunaan metode Dirosati, terlihat santri sangat antusias dalam belajar, karena proses pembelajarannya terdapat tajwid dan nadhoman yang mempermudah santri untuk menghafalkannya, disamping itu digalakkan festifal dan munaqosah santri.

Kata Kunci: Peralihan Metode Qiroati ke Metode Dirosati, Kualitas Membaca, Al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: mrs alif rahmah
Date Deposited: 11 Jul 2023 02:17
Last Modified: 11 Jul 2023 02:17
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26196

Actions (login required)

View Item View Item