OPTIMALISASI SIMAS (SISTEM INFORMASI MASJID) OLEH SEKSI BIMAS ISLAM DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PENDATAAN MASJID DI KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN LUMAJANG

Himmah, Elok Faiqotul (2023) OPTIMALISASI SIMAS (SISTEM INFORMASI MASJID) OLEH SEKSI BIMAS ISLAM DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PENDATAAN MASJID DI KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN LUMAJANG. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Elok Faiqotul Himmah_D20194007.pdf

Download (18MB)

Abstract

ABSTRAK
Elok Faiqotul Himmah, 2023: Optimalisasi SIMAS (Sistem Informasi Masjid oleh Seksi Bimas Islam dalam Meningkatkan Efektivitas Pendataan Masjid di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lumajang.
Kata kunci: Optimalisasi SIMAS, Efektivitas Pendataan Masjid
Indonesia merupakan negara dengan jumlah masjid terbesar di dunia. masjid dengan fungsinya yang sentral menunjukkan dibutuhkannya perhatian dalam pembinaan dan pemeliharaan masjid, serta pelaksanaan program pengelolaan manajemen masjid yang berkualitas. Dalam pemeliharaan, masalah yang menghambat biasanya mengenai kebutuhan dana masjid. di Lumajang, dalam memperoleh dana masjid, selain dari infak, zakat, dan sedekah, beberapa titik di kecamatan jatiroto dan sekitarnya cukup sering dilakukannya kegiatan pencarian dana di jalan raya guna mempercepat pembangunan atau rehabilitasi masjid. Opsi lain biasanya juga datang dari pemerintah dengan menyediakan bantuan operasional masjid kepada masjid yang telah terintegrasi dengan sistem layanan pemerintah (SIMAS) sebagai bukti bahwa masjid tersebut benar adanya. Penerapan sistem informasi berbasis komputer ini menjadi opsi yang tepat untuk mendukung proses pengelolaan dibidang kemasjidan. Maka dari itu, penting adanya pengoptimalisasian SIMAS, baik untuk pendataan masjid yang lebih efektif dan ruang penyaluran informasi seputar kemasjidan.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana optimalisasi SIMAS oleh seksi Bimas Islam di Kantor Kemenag Lumajang. 2) Bagaimana peningkatan efektivitas pendataan masjid di Kantor Kemenag Lumajang.
Tujuan penelitian ini, yaitu: 1) untuk mengetahui dan mendeskripsikan optimalisasi SIMAS oleh Seksi Bimas Islam di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lumajang. 2) untuk mengetahui dan mendeskripsikan peningkatan efektivitas pendataan masjid di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lumajang.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian menggunakan purposive sampling. Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman. Dan Keabsahan data dalam penelitian ini, yaitu menggunakan triangulasi sumber dan teknik.
Hasil penelitian ini, yakni sebagai berikut: Dalam mengoptimalkan SIMAS, 1) Seksi Bimas Islam bersinergi dengan Pemerintah Desa, KUA, dan DMI. 2) Menyediakan informasi kemasjidan yang akurat dan mudah diakses oleh publik. 3) Melakukan pelayanan yang ramah dan informatif. Dengan begitu, terjadi peningkatan efektivitas pendataan masjid atau musalla dengan proses yang lebih lebih terstruktur, efisien dan berhasil guna. Pada bulan Mei 2023 sudah ada sekitar 1382 masjid dan sekitar 3.422 musalla di Lumajang yang telah terdata di SIMAS lengkap dengan alamat, luas tanah, luas bangunan, google maps dan jumlah SDM pada masjid.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0806 Information Systems > 080609 Information Systems Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Elok Faiqotul Himmah
Date Deposited: 11 Jul 2023 03:38
Last Modified: 11 Jul 2023 03:38
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26200

Actions (login required)

View Item View Item