Internalisasi Nilai-nilai Ukhuwah Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Seni Beladiri Pencak Silat Pagarnusa Di MTs Miftahul Mubtadiin Sumberberas Muncar Banyuwangi

Ririn, Novita Sari (2023) Internalisasi Nilai-nilai Ukhuwah Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Seni Beladiri Pencak Silat Pagarnusa Di MTs Miftahul Mubtadiin Sumberberas Muncar Banyuwangi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
RIRIN NOVITASARI_T20191481.pdf

Download (2MB)

Abstract

Ukhuwah merupakan suatu hubungan persaudaraan tanpa membedakan gelar, status, ras, agama, etnis, budaya dan tingkatan sosial. Di dalam ukhuwah menekankan pentingnya saling mencintai, menghoramti, dan mendukung satu sama lain. Dengan demikian, untuk meminimalisir agar tidak terjadinya pertikaian yang diakibatkan dari adanya suatu perbedaan maka diperlukannya proses pemahaman atau penghayatan niali-nilai ukhuwah tersebut. Di MTs Miftahul Mubtadiin kegiatan ekstrakurikuler seni beladiri pencak silat pagarnusa tidak hanya condong kearah pencapaian prestasi saja tetapi juga digunakan sebagai media untuk membentuk karakter siswa yang memiliki jiwa toleransi yang tinggi dan individu yang mampu mendedikasikan diri sebagai pengabdi untuk para ulama’ dan masyarakat, dengan begitu kegiatan ekstrakurikuler seni beladiri pencak silat pagarnusa sangat mendukung untuk penginternalisasin dari nilai-nilai ukhuwah.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi nilai ukhuwah islamiyah, ukhuwah wathaniyyah dan ukhuwah insaniyyah (basyariyyah) melalui kegiatan ekstrakurikuler seni beladiri pencak silat pagarnusa di MTs Miftahul Mubtadiin sumberberas muncar banyuwangi
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan dan jenis kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan di MTs Miftahul Mubtadiin Sumber Bras Muncar Banyuwangi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Model analisis menggunakan model dari Miles, Huberman dan Saldana. Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi (sumber dan teknik).
Hasil penelitian ini adalah: 1) Implementasi nilai ukhuwah islamiyah melalui kegiatan ekstrakurikuler seni beladiri pencak silat pagarnusa diaplikasikan melalui kegiatan pengawalan para ulama’, peringatan hari besar islam dan melakukan bagi takjil, 2) Implementasi nilai ukhuwah wathaniyah melalui kegiatan ekstrakurikuler seni beladiri pencak silat pagarnusa diaplikasikan melalui mencium bedera merah putih dan menjalin silaturahmi antar perguruan. 3) Implementasi nilai ukhuwah insaniyyah (basyariyyah) melalui kegiatan ekstrakurikuler seni beladiri pencak silat pagarnusa diaplikasikan melalui kegiatan bakti sosial berupa pembagian sembako.

Kata Kunci: Nilai-nilai Ukhuwah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Depositing User: Ririn Novita Sari
Date Deposited: 11 Jul 2023 01:45
Last Modified: 11 Jul 2023 01:45
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26201

Actions (login required)

View Item View Item