PERAN TAKMIR MASJID AN-NAMIROH DALAM MENGINTERNALISASIKAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM PADA PESERTA DIDIK DI SMK MUHAMMADIYAH 1 GENTENG TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Tutus, Ulfiyaningsih (2023) PERAN TAKMIR MASJID AN-NAMIROH DALAM MENGINTERNALISASIKAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM PADA PESERTA DIDIK DI SMK MUHAMMADIYAH 1 GENTENG TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
TUTUS ULFIYANINGSIH_T20191473.pdf

Download (3MB)

Abstract

Masjid sekolah merupakan salah satu unit organisasi di sekolah yang mempunyai tujuan bersama yang relevan dengan visi sekolah. Untuk mewujudkan tujuan tersebut dibutuhkan kegiatan-kegiatan yang dapat menunjang siswa dalam mengekspresikan potensi dirinya baik secara intelektual maupun spiritual. Melalui program-program yang dibuat oleh takmir masjid an-Namiroh SMK Muhammadiyah 1 Genteng diharapkan mampu memfungsikan masjid sebagai salah satu media dalam menanamkan nilai-nilai ajaran Islam pada siswa-siswi SMK Muhammadiyah 1 Genteng. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan program apa saja yang telah diselenggarakan oleh takmir masjid an-Namiroh SMK Muhammadiyah 1 Genteng dan juga untuk mendeskripsikan bagaimana peran takmir masjid an-Namiroh dalam menginternalisasikan nilai-nilai pendidikan Islam pada peserta didik di SMK Muhammadiyah 1 Genteng. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, penentuan subyek penelitian menggunakan purposive, pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yang meliputi kondensasi data (data condentation), penyajian data (data display) dan penarikan kesimpulan (verification). Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian, program yang diselenggarakan sudah berjalan dengan cukup baik dan program-program yang dijalankan adalah salah duha dan zuhur berjamaah, salat Jumat, kultum, pembacaan doa-doa salat sebelum salat zuhur berjamaah, kajian fikih wanita, kajian an-Namiroh dan hadrah. Sedangkan peran takmir sebagai pelaksana dari program-program tersebut adalah sebagai pengkoordinir kegiatan, pendamping guru, agen dakwah, kader sekolah dan teladan bagi siswa lain.
Kata kunci: Pendidikan Islam, Takmir Masjid

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: MISS TUTUS ULFIYANINGSIH
Date Deposited: 11 Jul 2023 01:50
Last Modified: 11 Jul 2023 01:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26202

Actions (login required)

View Item View Item