Pengembangan Media Pembelajaran Rolling Ball pada Pembelajaran Tematik Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Sukoreno Umbulsari Jember

Wahyuni, Ana Tri (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Rolling Ball pada Pembelajaran Tematik Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Sukoreno Umbulsari Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad siddiq Jember.

[img] Text
skripsi watermak ana_compressed.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kata kunci: Media Pembelajaran, media rolling ball, hasil belajar.
Hasil belajar merupakan kecakapan-kecakapan potensial atau kapasitas yang dimiliki peserta didik. Untuk menghasilkan proses belajar yang berkualitas sebagai upaya meingkatkan penguasaan peserta didik terhadap materi pembelajaran, seorang guru membutuhkan media pembelajaran yang baik. Dengan adanya media pembelajaran, proses belajar menjadi mudah dan menarik. Pada penelitian ini, peneliti mengembangkan media pembelajaran rolling ball pada pembelajaran tematik di kelas V MI Miftahul Huda Sukoreno.
Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana pengembangan media pembelajaran rolling ball pada pembelajaran tematik tema 5 subtema 2 materi ekosistem di kelas V MI Miftahul Huda Sukoreno?, 2) Bagaimana kelayakan media pembelajaran rolling ball pada pembelajaran tematik tema 5 subtema 2 materi ekosistem di kelas V MI Miftahul Huda Sukoreno?, 3) Bagaimana efektivitas pengembangan media pembelajaran rolling ball pada pembelajaran tematik tema 5 subtema 2 materi ekosistem di kelas V MI Miftahul Huda Sukoreno?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran rolling ball, 2) Untuk mengetahui kelayakan penggunaan media pembelajaran rolling ball pada pembelajaran tematik tema 5 subtema 2 materi ekosistem di kelas V MI Miftahul Huda Sukoreno, 3) Untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran rolling ball pada pembelajaran tematik tema 5 subtema 2 materi ekosistem di kelas V MI Miftahul Huda Sukoreno.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (RnD) dengan model pengembangan Dick and Carry yaitu ADDIE yang teridiri dari 5 tahapan yaitu tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V MI Miftahul Huda Sukoreno yang berjumlah 32 peserta didik.
Hasil dari penelitian dan pengembangan yang dilakukan adalah: 1) Pengembangan media pembelajaran rolling ball pada pembelajaran tematik muatan IPA kelas V MI Miftahul Huda Sukoreno terdiri dari 5 tahapan yaitu tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. 2) Kelayakan media pembelajaran rolling ball pada pembelajaran tematik muatan IPA ini diketahui setelah dilakukan uji validasi oleh 3 validator dengan perolehan rata-rata 95% yang artinya media pembelajaran ini sangat valid dan layak untuk digunakan. 3) Keefektifan media pembelajaran rolling ball pada pembelajaran tematik diketahui dari hasil nilai pretest-posttest peserta didik dan angket respon peserta didik terhadap pengembangan media, yang diukur dengan menggunakan perhitungan N-gain Score dengan menunjukkan rata-rata peningkatan hasil belajar sebesar 71% yang artinya media ini cukup efektif dan layak digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ana Tri Wahyuni
Date Deposited: 11 Jul 2023 02:53
Last Modified: 11 Jul 2023 02:53
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26204

Actions (login required)

View Item View Item