IMPLEMENTASI STRATEGI COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS VII DI SMPN 2 TAMANAN BONDOWOSO TAHUN PELAJARAN 2022/2023

nuraini, intan (2023) IMPLEMENTASI STRATEGI COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS VII DI SMPN 2 TAMANAN BONDOWOSO TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KIYAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
SKRIPSI INTAN NURAINI bismillah (2).pdf

Download (3MB)

Abstract

Strategi Cooperative Learning adalah suatu konsep yang dapat membantu guru membuat hubungan antara materi dan situasi dunia nyata peserta didik serta mendorong siswa untuk membuat hubungan antara pengetahuan yang dimiliki dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Bedasarkan latar belakang tersebut maka Fokus penelitian: 1) Bagaimana Implementasi Strategi Cooperative Learning STAD Dengan Media Audio Visual Pada Mata Pelajaran PAI, 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam mengimplementasi Strategi Cooperative Learning Tipe STAD Dengan Media Audio Visual Pada Mata Pelajaran PAI, 3) Bagaimana upaya yang dilakukan guru PAI untuk mengatasi hambatan dalam mengimplementasi Strategi Cooperative Learning Tipe STAD Dengan Media Audio Visual Pada Mata Pelajaran PAI. Penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan Implementasi Strategi Cooperative Learning Tipe STAD Dengan Media Audio Visual Pada Mata Pelajaran PAI, Mendeskripsikan apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam mengimplementasi Strategi Cooperative Learning Tipe STAD Dengan Media Audio Visual Pada Mata Pelajaran PAI, dan Mendeskripsikan upaya yang dilakukan guru PAI untuk mengatasi hambatan dalam mengimplementasi Strategi Cooperative Learning Tipe STAD Dengan Media Audio Visual Pada Mata Pelajaran PAI. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif deskriptif. Subyek nya menggunakan teknik purposive. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang dilakukan dari tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) implementasi strategi cooperative leraning tipe STAD dengan media audio visual pada mata pelajaran PAI yaitu perencanaan pembelajaran (ATP dan modul ajar), kegiatan pendahuluan (salam, berdoa, menanyakan kabar, memberi motivasi, menjelaskan langkah-langkah pembelajaran), kegiatan inti (menyampaikan materi menggunakan LCD dan membentuk kelompok), kegiatan penutup, 2) faktor pendukung dan penghambat dalam mengimplementasi strategi cooperative learning tipe STAD dengan media audiovisual yaitu: faktor pendukung nya yakni, tersedianya buku paket diperpustakaan, kemampuan dan keterampilan guru dalam menggunakan model cooperative learning tipe STAD serta keadaan lingkungan. Sedangkan faktor penghambat adalah tidak tersedianya Lembar Kerja Siswa (LKS) dan terbatasnya sarana prasarana (LCD). 3) upaya yang dilakukan guru PAI untuk mengatasi hambatan dalam mengimplementasi strategi cooperative learning tipe STAD dengan media audio visual yaitu: guru berinisiatif membawa sarana prasarana (LCD) ke kelas dan guru menyiapkan pertanyaan-pertanyaan untuk peserta didik.

kata kunci: strategi cooperative learning, student team achievement division (STAD), media audio visual, pendidikan agama islam (PAI)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs Nur Aini
Date Deposited: 11 Jul 2023 02:18
Last Modified: 11 Jul 2023 02:18
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26207

Actions (login required)

View Item View Item