Pembiasaan membaca hadis sebagai upaya penanaman nilai-nilai pendidikan karakter pada mata pelajaran qur'an hadis di madrasah ibtidaiyah nahdatul ulama tugasari buay madang oku timur tahun pelajaran 2020/2021

Zahrotul Umamah, Elok Reza (2023) Pembiasaan membaca hadis sebagai upaya penanaman nilai-nilai pendidikan karakter pada mata pelajaran qur'an hadis di madrasah ibtidaiyah nahdatul ulama tugasari buay madang oku timur tahun pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Elok Reza Zahrotul Umamah_T20164050.pdf.pdf

Download (2MB)

Abstract

Elok Reza Zahrotul Umamah, 2023 : Pembiasaan Membaca Hadis Sebagai Upaya Penanaman Nilai-nilai Pendidikan Karakter Pada Mata Pelajaran Qur’an Hadis di Madrasah Ibtidaiyah Nahdatul Ulama Tugasari Tahun Pelajaran 2020/2021.
Kata Kunci : Penanaman Nilai-nilai Pendidikan Karakter, Pembiasaan Membaca Hadis Pada Mata Pelajaran Qu’an Hadis.
Madrasah Ibtidaiyah Nahdatul Ulama Tugasari merupakan lembaga pendidikan formal yang menekankan pendidikan karakter melalui pembiasaan membaca hadis, upaya yang dilakukan sekolah ini mampu mencetak siswa yang berakhlakul karimah.
Fokus penelitian yang di teliti dalam sekripsi ini adalah 1) Bagaimana perencanaan pembiasaan membaca hadis sebagai upaya penanaman nilai-nilai pendidikan karakter pada mata pelajaran qur’an hadis di Madrasah Ibtidaiyah Nahdatul Ulama Tugasari tahun Pelajaran 2020/2021? 2) Bagaimana pelaksanaan pembiasaan membaca hadis sebagai upaya penanaman nilai-nilai pendidikan karakter pada mata pelajaran qur’an hadis di Madrasah Ibtidaiyah Nahdatul Ulama Tugasari tahun pelajaran 2020/2021? 3) Bagaimana evaluasi pembiasaan membaca hadis sebagai upaya penanaman nilai-nilai pendidikan karakter pada mata pelajaran qur’an hadis di Madrasah Ibtidaiyah Nahdatul Ulama Tugasari tahun pelajaran 2020/2021?. Serta tujuan penelitiannya adalah untuk mengetahui bagaimana perencanaan, pelaksanaan dan evaluasinya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif, sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Sampel sember dan pengambilan data di pilih secara field research. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan data condensation, data display, dan conclusion drawing/verification. Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa proses pelaksanaan kegiatan pembiasaan membaca hadis pada mata pelajaran qur’an hadis di awali dengan perencanaan diantaranya, merumuskan tujuan, menentukan sasaran kegiatan, merencanakan materi, merencanakan waktu dan tempat pelaksanaan yang di rencanakan dalam RPP(Rencana Pelaksanaan Pembelajaran).Kegiatan pembiasaan membaca hadis pada mata pelajaran qur’an hadis ini dilakukan pada saat pembelajaran qur’an hadis, kemudian dilanjutkan dengan pembelajaran materi qur’an hadis seperti biasanya. Kemudian untuk evaluasinya dilakukan dengan cara guru mengamati bagaimana perubahan prilaku peserta didik di sekolah dan di bantu oleh orang tua untuk pengamatan diluar sekolah, kemudian guru mengintegrasikan penilaian tersebut pada raport.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Elok Reza Zahrotul Umamah
Date Deposited: 11 Jul 2023 03:55
Last Modified: 11 Jul 2023 03:55
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26210

Actions (login required)

View Item View Item