PENGARUH KUALITAS PRODUK, KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN AYAM GEPPAK DI KECAMATAN BESUK PROBOLINGGO

Nuriyah, Sinta (2023) PENGARUH KUALITAS PRODUK, KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN AYAM GEPPAK DI KECAMATAN BESUK PROBOLINGGO. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SINTA LENGKAP.pdf

Download (4MB)

Abstract

Perkembangan bisnis kuliner mengalami perkembangan yang cukup pesat.
Faktor utama dari perkembangan bisnis kuliner ini adalah adanya dukungan
berupa pariwisata yang mulai dilirik keberadaannya saat ini. Selain ini bisnis
kuliner menjadi pilihan dari pengusaha karena kekhasan yang dibawa mampu
menarik kalangan generasi muda untuk mengkonsumsinya. Salah satu bisnis
kuliner adalah Ayam Geppak Di Besuk Probolinggo. Maka kemudian penelitian
ini berusaha untuk mengekolaborasi variabel kualitas produk, kualitas layanan dan
harga terhadap kepuasan konsumen Ayam Geppak Di Besuk Probolinggo.
Rumusan masalah penelitian ini sesuai dengan fenomena yang terjadi pada
latar belakang, yaitu pengaruh kualitas produk (X1) kualitas pelayanan (X2) harga
(X2) kualitas produk, kualitas pelayanan, dan harga berpengaruh secara simultan
terhadap kepuasan konsumen (Y).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji secara parsial dan
simultan hubungan pengaruh variabel-variabel dalam penelitian yang telah
dirumuskan.
Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian asosoatif.
Populasi penelitian ini yaitu seluruh konsumen yang pernah membeli Ayam
Geppak Besuk Probolinggo dengan pengambilan sampel nonprobability sampling
dengan metode purposive sampling sebanyak 96 responden. Penelitian ini
menggunakan uji validitas, uji reabilitas dan uji asumsi klasik dengan
menggunakan metode Analisis Regresi Linier Berganda. Pengujian hipotesis
menggunakan uji parsial (t) dan uji simultan (f) dengan bantuan SPSS versi 23.
Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel kualitas produk (X1) dan harga
(X3) berpengaruh secara langsung dan signifikan terhadap kepuasan konsumen
(Y). namun, kualitas pelayanan (X2) tidak berpengaruh dan tidak signifikan
terhadap kepuasan konsumen (Y). Sedangkan secara simultan variabel independen
berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Tentunya ini disebabkan integrase dari
setiap variabel memiliki peran masing-masing yang dibutuhkan sehingga mampu
pemberikan kepuasan kepada konsumen.
Kata kunci : Kulitas produk, Kualitas Pelayanan, Harga, Kepuasan konsumen.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140211 Labour Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Sn Sinta Nuriyah
Date Deposited: 12 Jul 2023 03:07
Last Modified: 12 Jul 2023 03:07
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26216

Actions (login required)

View Item View Item