Pemberdayaan Kaum Dhuafa Oleh Komunitas Zeelandia Adventure Trail (KOZAT) Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember

Novita, Tanti (2023) Pemberdayaan Kaum Dhuafa Oleh Komunitas Zeelandia Adventure Trail (KOZAT) Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
pdf watwermark SKRIPSI NOVITA TANTI.pdf

Download (5MB)

Abstract

Pemberdayaan diartikan sebagai pemberi kekuasaan, mengalihkan kekuatan atau mendelegasikan otoritas ke pihak lain. Dengan makna lain pemberdayaan diartikan sebagai upaya untuk memberi kemampuan atau keberdayaan. Tujuan pemberdayaan adalah untuk memandirikan masyarakat agar dapat meningkatkan taraf hidup keluarga dan mengoptimalkan sumber daya yang dimilikinya.
Fokus masalah penelitian ini adalah: 1) Bagaimana proses pemberdayaan yang dilakukan komunitas motor trail (KOZAT) terhadap kaum dhuafa? 2) Apa saja kendala pemberdyaan yang dilakukan komunitas motor trail (KOZAT) terhadap kaum dhuafa? 3) Bagaimana dampak pemberdayaan yang dilakukan komunitas motor trail (KOZAT) terhadap kaum dhuafa?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui bagaimana proses pemberdayaan yang dilakukan komunitas motor trail (KOZAT) terhadap kaum dhuafa. 2) Untuk mengetahui apa saja kendala pemberdayaan yang dilakukan komunitas motor trail (KOZAT) terhadap kaum dhuafa. 3) Untuk mengetahui bagamana dampak pemberdayaan yang dilakukan komunitas motor trail (KOZAT) terhadap kaum dhuafa.
Metode pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian lapangan. Dalam menentukan informan penelitian ini menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi serta dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptiv normatif, sedangkan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber.
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah: 1) Proses pemberdayaan yang dilakukan komunitas motor trail (KOZAT) terhadap kaum dhuafa. Dalam proses pemberdayaan kaum dhuuafa oleh KOZAT menerapkan beberapa proses yaitu survey lokasi, sosialisasi kepada masyarakat, perencanaan tindakan dan pelaksanakan tindakan. 2) Kendala pemberdayaan yang dilakukan komunitas motor trail (KOZAT) terhadap kaum dhuafa. Dalam pemberdayaan kaum dhuafa ada dua kendala yang dialami oleh KOZAT. Kendala-kendala yang dialami adalah mesin bermasalah dan tidak sesuai dengan rencana. 3) Dampak pemberdayaan yang dilakukan komunitas motor trail (KOZAT) terhadap kaum dhuafa. Dalam pemberdayaan kaum dhuafa oleh KOZAT dampak yang didapat bagi masyarakat cukup bermanfaat dikarenakan memiliki sarana prasaranan tempat ibadah dan bisa lebih berinteraksi dengan warga sekitar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Pemberdayaan, Kaum Dhuafa, Komunitas
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140101 History of Economic Thought
14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Depositing User: Mrs Novita Tanti Novita Tanti
Date Deposited: 11 Jul 2023 01:43
Last Modified: 11 Jul 2023 01:43
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26224

Actions (login required)

View Item View Item