IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN ARCS (ATTENTION, RELEVANCE, CONVIDENCE, SATISFACTION) DALAM PEMBELAJARAN FIKIH DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 7 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Feby Qurrotul Ainy, Feby (2023) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN ARCS (ATTENTION, RELEVANCE, CONVIDENCE, SATISFACTION) DALAM PEMBELAJARAN FIKIH DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 7 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
FEBY QURROTUL AINY T20161234.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini didasarkan kepada fakta bahwa siswa masih banyak yang melaksanakan ibadah karena paksaan bukan dari kesadaran mereka dan kebanyakan mereka masih disuruh untuk melakukan ibadah. Sehingga sebagai guru fikih menjadi suatu beban dan tantangan untuk merubah mindset siswa bahwa ibadah adalah suatu kebutuhan bagi mereka, tantangan inilah yang perlu diperhatiakan oleh guru dalam kegiatan pembelajaran dengan menyiapkan pembelajaran yang menarik.
Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana implementasi model pembelajaran ARCS ( Attention, Relevance, Confidende, Satisfaction) dalam pembelajaran fikih di Madrasah Tsanawiyah Negeri 7 Jember Tahun pelajaran 2021/2022?, 2) Bagaimana factor pendukung dan penghambat implementasi model pembelajaran ARCS ( Attention, Relevance, Confidende, Satisfaction) dalam pembelajaran fikih di Madrasah Tsanawiyah Negeri 7 Jember Tahun pelajaran 2021/2022?.
Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan Implementasi Model Pembelajaran ARCS Dalam Pembelajaran Fikih di MTS N 7 Jember. 2) Mendeskripsikan Faktor Pendukung dan Penghambat Implementasi Model Pembelajaran ARCS Dalam Pembelajaran Fikih di MTS N 7 Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian ini adalah MTsN 7 Jember yang berada di Kecamatan Umbulsari-Jember. Teknik yang peneliti gunakan adalah purposive dalam menentukan subjek penelitian. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan Milles dan Huberman, serta Saldana, dan penggunaan triangulasi sumber dan triangulasi teknik sebagai metode mencari keabsahan data.
Hasil penelitian menyebutkan bahwa: implementasi model pembelajaran ARCS pada mata pelajaran fikih di MTsN 7 Jember, adalah: Attention dilakukan dalam 3 cara, yaitu: pertama, pemberian apersepsi dengan permainan atau melihat video. Kedua, guru menggunakan metode pembelajaran mind mapping. Ketiga, pemanfaatan absensi pembelajaran. Relevance mengaitkan materi dengan kehidupan sehari-hari siswa. Confidence diberikan dalam bentuk motivasi kemampuan diri pada individu peserta didik yang berbeda-beda dan student centered learning atau pembelajaran yang berpusat kepada peserta didik. Satisfaction dilakukan dengan cara pemberian reward secara verbal (ucapan oke bagus, dan tepuk tangan) dan nilai point dalam aspek keterampilan peserta didik. Faktor pendukung dalam implementasi model pembelajaran ARCS adalah antusias dan semangat peserta didik sama-sama aktif, dan timbulnya rasa kompetisi yang sehat antar peserta didik. sedangkan faktor penghambat adalah alokasi waktu yang digunakan dalam pembelajaran relative lebih lama serta perbedaan kualitas input peserta didik di setiap angkatan adalah berbeda-beda.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Miss Feby Ainy
Date Deposited: 11 Jul 2023 02:46
Last Modified: 11 Jul 2023 02:46
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26235

Actions (login required)

View Item View Item