UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI PENGGUNAAN MEDIA PAPAN FLANEL PADA ANAK KELOMPOK B DI TK AL HIDAYAH V SANENREJO TEMPUREJO

Ummul Choyroh, Iftitah Dian (2023) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI PENGGUNAAN MEDIA PAPAN FLANEL PADA ANAK KELOMPOK B DI TK AL HIDAYAH V SANENREJO TEMPUREJO. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
SKRIPSI Iftitah Dian Ummul Choyroh.pdf

Download (4MB)

Abstract

Membaca Permulaan melalui Media Papan Flanel huruf sangat penting
untuk proses pembelajaran dalam mengenal huruf serta menyuarakannya,
mengenal suku kata menjadi kata, membaca kata demi kata dalam kalimat
sederhana, mengenal huruf vokal dan konsonan. Kegiatan membaca permulaan di
Kelompok B TK Al Hidayah V Sanenrejo Tempurejo menggunakan media papan
flanel agar pembelajaran menjadi menyenangkan dan menarik perhatian anak.
Fokus penelitian yang dikaji dalam penelitian ini, yaitu: 1)Bagaimana
perencanaan pembelajaran dalam upaya meningkatkan kemampuan membaca
permulaan melalui penggunaan media papan flannel pada anak kelompok B di TK
AL HIDAYAH V Sanenrejo Tempurejo? 2)Bagaimana pelaksanaan pembelajaran
dalam upaya meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui penggunaan
media papan flannel pada anak kelompok B di TK AL HIDAYAH V Sanenrejo
Tempurejo? 3)Bagaimana evaluasi pembelajaran dalam upaya meningkatkan
kemampuan membaca permulaan melalui penggunaan media papan flannel pada
anak kelompok B di TK AL HIDAYAH V Sanenrejo Tempurejo?
Tujuan penelitian dalam penelitian ini adalah Mendeskripsikan
perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran dalam upaya meningkatkan
kemampuan membaca permulaan melalui penggunaan media papan flannel pada
anak kelompok B di TK AL HIDAYAH V Sanenrejo Tempurejo.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
kualitatif dan jenis penelitiannya adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan
data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumetasi. Analisis data
menggunakan Kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan
triangulasi teknik.
Hasil penelitian : 1) Perencanaan pembelajaran dalam upaya
meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui media papan flanel pada
anak kelompok B di TK AL Hidayah V Sanenrejo dilakukan dengan cara guru
menyusun RPPH yang disesuaikan dengan tema pembelajaran yang telah
ditetapkan sebelumnya. 2) pelaksanaan pembelajaran dalam upaya meningkatkan
kemampuan membaca permulaan melalui media papan flanel pada anak kelompok
B di TK AL Hidayah V Sanenrejo berupa kegiatan pembuka, kegiatan inti, dan
kegiatan penutup. 3) evaluasi pembelajaran dalam upaya meningkatkan
kemampuan membaca permulaan melalui media papan flanel pada anak kelompok
B di TK AL Hidayah V Sanenrejo dilakukan pada saat pembelajaran berlangsung
dan setelah pembelajaran berakhir, mencatatat perkembanagan dengan
menggunakan penilaian cheklist, catatan anekdot, dan hasil karya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Iftitah Dian Ummul Choyroh
Date Deposited: 11 Jul 2023 02:35
Last Modified: 11 Jul 2023 02:35
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26240

Actions (login required)

View Item View Item