Strategi Pengelolaan Keuangan Buruh Tani Dalam Memenuhi Kebutuhan Rumah Tangga Di Desa Tisnogambar Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember

Laelia, Anggraeni (2023) Strategi Pengelolaan Keuangan Buruh Tani Dalam Memenuhi Kebutuhan Rumah Tangga Di Desa Tisnogambar Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Laelia ACC (2).pdf

Download (6MB)

Abstract

Laelia Anggraeni, Khusnul Khotimah, S.Pd, M.Pd. 2023; strategi pengelolaan keuangan buruh tani dalam memenuhi kebutuhan rumah tangga di Desa Tisnogambar Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember.
Kata Kunci: strategi pengelolaan, keuangan, buruh tani

Indonesia merupakan negara yang memiliki kekayaan sumber daya alam yang sangat melimpah. Hal tersebut karena sebagian besar masyarakat atau penduduknya bermata pencaharian dibidang pertanian yaitu sebagai petani. Salah satu bagian yang sangat berpengaruh pada sektor pertanian adalah tenaga kerja buruh tani. Dimana peran buruh tani sangatlah penting tanpa buruh tani tidak akan ada pertanian dan tanpa pertanian tidak akan ada pangan. Pekerjaan buruh tani bukan merupakan pekerja yang tetap, akan tetapi jenis pekerjaan panggilan atau kondisional dikarenakan ladang atau sawah yang dikerjakan oleh buruh tani tidak setiap hari membutuhkan perawatan. Menurut Scott Perilaku strategi keuangan rumah tangga dalam menghadapi krisis dapat dibedakan ke dalam lima cara yaitu mengatur pola konsumsi pangan baik kuantitas semakin sedikit maupun kualitas semakin rendah, memanfaatkan jaringan sosial informal, memberdayakan anggota rumah tangga dalam bekerja, diversifikasi sumber pendapatan untuk mengatasi kesulitan ekonomi.
Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana strategi pengelolaan keuangan buruh tani di Desa Tisnogambar Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember ? 2) Bagaimana dampak strategi pengelolaan keuangan yang telah dilakukan oleh buruh tani untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga di Desa Tisnogambar Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember?
Tujuan penelitian ini yaitu 1) Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan strategi pengelolaan keuangan buruh tani di Desa Tisnogambar Kecamatan bangsalsari Kabupaten Jember. 2) Untuk mengetahui bagaimana dampak pelaksanaan strategi pengelolaan keuangan yang telah dilakukan oleh buruh tani untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga di Desa Tisnogambar Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah deskriptif. Adapun penentuan subjek penelitian menggunakan purposive, serta teknik menggunakan wawancara tidak terstruktur. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Peneliti memastikan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik.
Penelitian ini menghasilkan kesimpulan 1) Strategi yang dilakukan tiap keluarga buruh tani harian di Desa Tisnogambar adalah memaksimalkan sumber daya yang dimiliki keluarga tersebut seperti melakukan diversifikasi pekerjaan, menambah tawaran pekerjaan, dan juga melibatkan anggota keluarga yang sudah layak bekerja untuk membantu keluarga, memanfaatkan program pemerintah yang dirasa sangat membantu dan juga mengurangi pengeluaran keluarga. 2) Pengelolaan keuangan yang telah dilakukan buruh tani yang diperoleh dari sektor pertanian dan kerjaan sampingan cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari hari dan tabungan untuk digunakan ketika dalam keadaan terdesak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms. Laelia Anggraeni
Date Deposited: 11 Jul 2023 03:05
Last Modified: 11 Jul 2023 03:05
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26247

Actions (login required)

View Item View Item